Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 7 Juli 2015 | 07:17 WIB
Hide Ads

Gonzales di Persib Habis Manis Sepah Dibuang?

Oleh : Glen JA Sahetapy | Kamis, 19 Mei 2011 | 09:30 WIB
Gonzales di Persib Habis Manis Sepah Dibuang?
Cristian Gonzales - IST

INILAH.COM, Bandung Nasib striker tim nasional Indonesia Cristian Gonzales di Persib Bandung bagai pepatah habis manis sepah dibuang. Benarkah?

Memasuki musim ketiganya di Persib Bandung, penampilan striker Timnas Indonesia Cristian Gonzales dinilai telah menurun sehingga tidak bisa memberikan kontribusi maksimal bagi Maung Bandung. Pemain naturalisasi asal Uruguay berjuluk 'El Loco' itu pun dinilai tidak layak lagi dipertahankan mengenakan kostum biru-biru kebanggaan Persib untuk kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2011/2012.

Itulah penilaian mantan pemain Persib Bandung Nandang Kurnaedi yang disampaikan kepada INILAH.COM. Nandang mengakui saat masih memperkuat Persik Kediri, Gonzales memang memiliki performa yang baik hingga menyabet tiga kali gelar top scorer LSI.

Namun tambahnya, saat bergabung dengan Persib pada pertengahan LSI perdana musim 2008/2009, penampilan pemain bernomor punggung 99 itu telah menurun. Pada musim ini (2010/2011), pemain asal Uruguay tersebut baru menyarangkan enam gol, tidak sampai separuh dari koleksinya golnya musim lalu yang mencapai 13 gol.

"Usia juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi," tutur Nandang.



Selain faktor usia dan kebugaran, salah satu hal utama yang membuat Nandang berpendapat kontrak pemain naturalisasi itu tak perlu diperpanjang pada musim depan ialah tipe permainannya. "Gonzales bukan penyerang bertipe destroyer (penghancur), tapi ia adalah seorang striker yang stylish," terang Nandang.

Nandang menilai Gonzales bukan tipe striker yang mampu mengobrak-abrik pertahanan lawan, melainkan cenderung menunggu untuk menerima bola dari pemain lain. Padahal, menurut Nandang, Persib kini membutuhkan pemain yang lebih ngotot.

Namun, sebagai ikon, kehadiran Gonzales agaknya tidak bisa dilihat sebelah mata. Saat tim Persib kunjungan ke Mataram, Nusa Tenggara Barat, 13-16 Mei 2011, misanya, Gonzales menjadi pemain yang paling diburu fansnya. Bahkan saat akan melakoni uji lapangan di GOR 17 Desember Turade Cakrabegara, Sabtu (14/5/2011), ia terpaksa harus dikawal.

Saat tiba di stadion, anggota timnas Indonesia itu langsung disambut teriakan ratusan penggemarnya yang sengaja menunggu kedatangan pemain berjuluk 'El Loco' tersebut. Saat wajah Gonzales terlihat, teriakan histeris pun langsung memecah suasana. [nic]

34 Komentar

Image Komentar
JAMRONG VAN BREKELE - Sabtu, 27 Agustus 2011 | 08:50 WIB
Nandang kurnaedi itu gak ngerti bola asal ngomong, kalo ente ngerti pasti persib pakai ente, kalo gomzales gak produktif bukan kesalahan dia semata kalo menurun kan ada bukti di timnas gimana, kalo si nandang gak lagi nguap,,, mestinya tau siapa penyuplay c gonzales...... lamun te o el o el jangan terlalu lah ndang
Image Komentar
ZUBAGJHA - Senin, 8 Agustus 2011 | 04:55 WIB
Ya wajar saja bila "el loco" tak dapat cetak gol banyak toh suplaian bola sangat kurang pada "el loco" lihatlah "el loco" di timnas....? mematikan.!
Image Komentar
MAULANA NOVIANDIKA - Kamis, 4 Agustus 2011 | 14:10 WIB
C.gonzales jgn pernah di ganti karna, gonzales sgt hebat waktu di tim nasional indonesia,maka aja di persib kasih kontribusi yg bagus saya dukung buat c.gonzales
Image Komentar
DEWI IMOUT - Jumat, 29 Juli 2011 | 11:16 WIB
Hidup gonzalez aq ska dengan permainanmu .,,!!! jgn smpai engkau dgnti dgn pemain lain .,!!!! kalo engkau dgnti aq gk memilih persib.,!!!
Image Komentar
ULLE - Sabtu, 2 Juli 2011 | 06:39 WIB
Kpda management persib tolong jgn sampe el loco d depak . mungkin musim ini dia bisa mnujukkan performa nya . el loco perlu pndamping yg bnar" brkualitas .

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.