Find and Follow Us

Kamis, 21 November 2019 | 21:25 WIB

Klub LPI Tidak Berhak ke Liga Champions Asia

Oleh : Boy Leonard Pasaribu | Rabu, 20 Juli 2011 | 17:55 WIB
Klub LPI Tidak Berhak ke Liga Champions Asia
Mantan Direktur kompetisi Badan Liga Indonesia Joko Driono - inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta Mantan Direktur kompetisi Badan Liga Indonesia Joko Driono menjelaskan mengenai proses assesment atau penilaian kualitas Liga Super Indonesia oleh AFC.

Seperti biasanya pada setiap akhir musim, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akan menilai beberapa aspek sepak bola di tiap-tiap negara anggotanya, yang nantinya akan menentukan kuota Liga Champions Asia maupun Piala AFC.

"Itu kan muaranya pada pertemuan komite eksekutif AFC di bulan November. Ini kan proses panjang untuk diputuskan di dua tingkat sebelumnya. Tingkat pertama di Komite Adhoc Proliga AFC. Kedua, Komite Kompetisi AFC, kemudian dibawa ke Eksekutif Komite AFC," terangnya di kantor PSSI, Rabu (20/7/11).

"Keputusan itu yang paling ekstrim memutuskan kuota masing-masing negara. Kita saat ini jadi satu dari 11 negara yang qualified untuk Liga Champion Asia. Dan itu yang harus dipertahankan," jelasnya.

"Apabila pada assessment nanti nilai kita membaik jatah kita bisa bertambah. Kalau sama berarti berarti posisi sama. Skor turun mungkin kehilangan beberapa jatah. Tapi saya enggak punya feeling itu (jatah berkurang)," lanjutnya.

Joko menambahkan, penilaian yang dilakukan oleh AFC meliputi tiga tingkat. Mulai dari PSSI sebagai badan organisasi, liga dan penyelenggara liga serta klub.

Sementara itu, mengenai LPI Joko menjelaskan bahwa klub-klub dari liga tersebut tidak mempunyai hak untuk penilaian dan jatah di Liga Champions Asia maupun Piala AFC.

"Berdasarkan regulasi, klub-klub dari LPI tidak bisa di-assesment," terangnya.

Beberapa aspek yang menjadi faktor penilaian diantaranya adalah keuangan, hukum, infrastruktur, pengembangan pemain muda, pendukung dan administrasi serta rata-rata jumlah kehadiran penonton.

Komentar

x