Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 00:56 WIB

Puasa, Firman Utina dkk Latihan Malam Hari

Oleh : Boy Leonard Pasaribu | Kamis, 4 Agustus 2011 | 21:06 WIB

Berita Terkait

Puasa, Firman Utina dkk Latihan Malam Hari
inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Cilegon - Asisten pelatih timnas senior Liestiadi memberikan gambaran mengenai format latihan Firman Utina dkk selama Bulan Ramadahan ini.

Indonesia akan menghadapi Iran pada pertandingan pertama Grup E kualifikasi Piala Dunia 2014 pada 2 September mendatang, atau beberapa hari setelah hari raya Idul Fitri.

Mau tak mau, para pemain yang mayoritas memeluk agama Islam dan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh menjelang Idul Fitri harus tetap berlatih dengan optimal.

Kondisi ini diakui Liestiadi, yang mendampingi para pemain dalam pemusatan latihan di Cilegon, Banten, membutuhkan penanganan yang berbeda.

"Sebagai pelatih, kita akan melihat kondisi pemain. Kerja tubuh berbeda. Asupan gizi juga berbeda. Kita minta masukan dokter bagaimana gizi mereka bisa tetap terjaga saat bermain bola di bulan puasa," ujarnya ketika ditanya mengenai format latihan para pemain di bulan puasa ini.

Puasa kali ini dipastikan lebih berat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya bagi para pemain yang menjalankan ibadah wajib tersebut, pasalnya justru di bulan ini mereka bakal digembleng habis-habisan agar siap menghadapi Iran, yang notabene sudah beberapa kali lolos ke Piala Dunia.

Dijelaskan mantan pelatih PSMS Medan dan PSM Makassar tersebut, para pemain akan terus berlatih hingga akhir Agustus. Pada tanggal 29 Agustus mereka akan bertolak ke Iran. Namun sebelum itu, akan diadakan uji coba terlebih dahulu.

Selain perubahan porsi latihan, jadwal latihan para pemain pun berubah. "Rencana awal latihan dua kali. Jam 4 sore dan 10 malam. Tapi bisa berubah, ini baru rencana awal. Latihan tidak terlalu lama, 1-1,5 jam," terangnya.

"Kita juga akan lihat perkembangan anak-anak dalam 1-2 hari. Kalau ada yang perlu diubah kita ubah. Kita tidak boleh memaksakan kepada mereka, tetapi kita sesuaikan," tandas Liestiadi.

Diungkapnya juga, lokasi para pemain akan bervariasi. Selain di lapangan, Cristian Gonzales dkk akan berlatih di pantai. Selain untuk melatih kekuatan fisik, berlatih di pantai juga dijalankan untuk mengusir kejenuhan.

Komentar

Embed Widget
x