Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 16:07 WIB

'Wim Harus Mencontoh Mourinho'

Oleh : Reza Adi Surya | Kamis, 8 September 2011 | 08:45 WIB
'Wim Harus Mencontoh Mourinho'
inilah.com/Ardhy Fernando
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kekalahan yang dialami Indonesia atas Bahrain masih meninggalkan masalah. Sosok pelatih Wim RIjsbergen menjadi sasaran tembak banyak pihak.

Indonesia takluk dari Bahrain 0-2, Selasa (6/9) dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014. Meski bermain di kandang sendiri, Indonesia tidak mampu berbuat banyak.

Banyak pihak yang menyayangkan ucapan yang keluar dari pelatih timnas, Wim Rijsbergen. Pelatih asal Belanda itu terkesan menyalahkan para pemainnya dan menolak dirinya dikritik.

"Pemain tak siap bermain bola lambung, tetapi juga tidak bagus memainkan bola-bola pendek... Ini bukan tim saya ," ujar pelatih pada jumpa pers pascapertandingan.

Bagi Yusuf Kurniawan, pengamat bola, hal tersebut bukanlah contoh positif bagi seorang pelatih sepak bola.

"Seharusnya Wim mencontoh Jose Mourinho. Ketika Real Madrid bertubi-tubi dikalahkan oleh Barcelona, ia tidak pernah membebankan hal tersebut kepada pemain. Ia mengaku sebagai sosok yang bertanggung jawab," ujar Yusuf dalam sebuah acara talkshow di tvOne, Rabu (7/9).

Indonesia akan kembali bertanding dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014 kontra Qatar, 11 Oktober mendatang di Stadion Gelora Bung Karno.

Sebagai pembanding, saat kekalahan dari Barcelona musim lalu, Madrid terus didera kritikan. Yang dilakukan oleh Mourinho saat itu adalah melarang pemainnya mengeluarkan pernyataan dan kepada media dia mengatakan, "Biar saya yang menanggung beban ini, mereka hanya pemain."[yob]

Komentar

 
Embed Widget

x