Find and Follow Us

Rabu, 22 Januari 2020 | 23:57 WIB

Jakarta Dukung Dahlan Iskan Sebagai Ketum PSSI

Oleh : Boy Leonard Pasaribu | Jumat, 6 Januari 2012 | 22:14 WIB
Jakarta Dukung Dahlan Iskan Sebagai Ketum PSSI
Dahlan Iskan - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta Pengurus PSSI Provinsi DKI Jakarta dan sejumlah klub di Ibukota sepakat mengusung Dahlan Iskan sebagai calon ketua umum PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB) 6 Maret mendatang.

Berbekal dukungan dari 452 anggota PSSI, Komite Penyelamat Sepak bola Indonesia (KPSI) mengambil alih kepengurusan PSSI dan merencanakan KLB, 6 Maret 2011 di Surabaya.

Jejak rekam Dahlan Iskan sebagai pimpinan salah satu perusahaan media terbesar di media, Jawa Pos, yang kemudian memimpin Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan kini menjadi menteri BUMN menjadi pertimbangannya ditunjuk sebagai calon ketua umum.

"Pengprov DKI dalam KLB nanti akan mengusung Dahlan Iskan. Pertimbangannya, kami sudah lama mengamati beliau, yang merupakan pemimpin besar," ungkap Hardi dalam jumpa pers di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/12).

"Kita tahu PSSI adalah organisasi besar. Kemampuan (untuk mengurus organisasi besar) itu ada dalam sosok Dahlan Iskan. Beliau mempunyai track record yang baik, pekerja keras, punya akses yang luas, selain itu beliau juga lama bergelut di dunia sepak bola," lanjutnya.

Dahlan, yang juga pernah memimpin dua klub legendaris kota Pahlawan, Niac Mitra Surabaya maupun Persebaya Surabaya, pantas menggantikan ketua umum saat ini, Djohar Arifin, yang dinilai Hardi "tidak berpikir ke depan dan hanya mementingkan kelompoknya sendiri."

Selain Hardi, ketua umum Persija Jakarta versi Indonesia Super League (ISL), Ferry Paulus, juga menilai Dahlan sebagai sosok tepat untuk memperbaiki kondisi sepak bola nasional yang carut marut.

"Dahlan Iskan netral, tidak berpolitik. Apalagi kondisi PSSI sekarang terkesan membentuk kubu-kubuan. Dahlan Iskan bisa menjadi sosok pemersatu sepak bola nasional. Sudah saatnya beliau menukangi PSSI," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan salah satu mantan pengurus Persija dan wartawan senior M. Nigara. "Kalau Dahlan Iskan berhasil menangani PLN dan kini menjadi menteri BUMN, beliau pasti sukses menangani PSSI," ujar Nigara.

"Belaiu bisa memantau tanpa dibebani kepentingan tertentu. Dengan posisi demikian, Dahlan Iskan bisa melihat semuanya dengan jernih dan mengambil keputusan sesuai regulasi," lanjutnya.

"Tidak mungkin kami mencalonkan Dahlan Iskan sebagai ketua umum PSSI, kalau kami belum bertemu," ungkap Nigara saat ditanya apakah mereka sudah menemui Dahlan Iskan sebelum mencalonkannya menjadi ketua umum PSSI.

"Saya punya intusis SBY (Presiden Susilo Bambang Yudhoyono) akan memberi restu karena persoalan sepak bola sudah sangat berat dan akan menggangu stabilitas nasional," sambung Ferry.

Komentar

x