Find and Follow Us

Sabtu, 18 Januari 2020 | 11:08 WIB

Pakta Integritas Selamatkan PSSI dari KLB?

Oleh : Boy Leonard Pasaribu | Selasa, 10 Januari 2012 | 22:44 WIB
Pakta Integritas Selamatkan PSSI dari KLB?
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - PSSI bisa selamat dari tuntutan Kongres Luar Biasa (KLB) berkat pakta integritas yang ditandatangai sejumlah klub di awal kepemimpinan Djohar Arifin Husin.

Sebelumnya, sebanyak 452 pihak mengatasnamakan anggota PSSI menyerukan mosi tidak percaya dan meminta digelar Kongres Luar Biasa (KLB). Bila 452 pihak tersebut memang benar anggota PSSI, berarti jumlahnya lebih dari 2/3 dari total jumlah anggota PSSI sebanyak 588 anggota. Dengan demikian, mau tak mau, PSSI wajib menggelar KLB.

Ke-452 anggota tersebut membentuk Komite Penyelamat Sepak bola Indonesia (KPSI) untuk mengawal proses KLB dengan langkah awal mengirimkan berkas permintaan KLB dan juga berkas data 452 anggota tersebut kepada PSSI.

"Ada surat dari anggota PSSI 23 Desember 2011 mengenai KLB. Diketuai sekjen (Sekretaris jenderal PSSI Tri Goestoro) dan direktur legal (Finantha Rudi), kita memulai verifikasi tanggal 3 Januari," terang ketua umum PSSI, Djohar Arifin Husin.

"Saat ini baru selesai tahap pertama, belum mendalami. Tetapi dari jumlah itu tidak sampai 2/3. Jadi Exco (Komite Eksekutif) sepakat tidak melaksanakan KLB. Ini baru tahap pertama saja belum memenuhi syarat, belum tahap-tahap selanjutnya, hingga nanti dikirimkan ke AFC," lanjutnya.

Tri Goestoro merinci hasil verifikasi tahp pertama tersebut. "PSSI menerima 460 dokumen, dari jumlah tersebut, ada 11 yang rangkap, sehingga tersisa 449," jelasnya.

"Dari 449 kita cocokkan dengan data anggota PSSI, ternyata 80 masih berstatus bukan anggota dan masih calon anggota. Dengan demikian, jumlahnya sementara 369," lanjut Tri.

Namun PSSI memiliki senjata pamungkas menangkal KLB, yakni perjanjian tertulis dari klub-klub divisi bawah untuk tetap mendukung kepemimpinan Djohar Arifin Husin. Menurut Tri, sebanyak 49 anggota dari Divisi I dan II telah menandatangani pakta integritas. "Jika ini dipakai, maka tersisa 320 anggota, tidak sampai 2/3. Itu baru tahap pertama," tandasnya.

Komentar

x