Find and Follow Us

Minggu, 15 Desember 2019 | 17:33 WIB

IPL: Persija Vs Persebaya

Persebaya Tekuk Persija 2-0

Oleh : Reza Adi Surya | Senin, 16 Januari 2012 | 22:01 WIB
Persebaya Tekuk Persija 2-0
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Bantul - Persebaya Surabaya berhasil meraih poin penuh saat berhadapan dengan Persija Jakarta, Senin (16/1/2012) malam. Mereka menang dengan skor 2-0.

Meski izin keamanan belum dikantongi, laga Indonesian Premier League (IPL) antara Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya tetap digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (16/1/12).

Setelah menggelar laga kandang di Madiun dan Solo, kali ini Persija menjamu Bajul Ijo di Bantul karena hingga kini Persija IPL belum diterima publik sepak bola Jakarta.

Kedua tim coba mengambil inisiatif serangan di awal pertandingan. Persebaya mencoba menyerang lewat tengah sementara Persija mencoba membuka ruangan lewat sayap. Namun perlahan, Persebaya terlihat lebih unggul dalam penguasaan bola.

Beberapa kali pemain Bajul Ijo mampu menusuk ke daerah pertahanan Persija, namun hingga 15 menit pertama, tidak ada peluang emas tercipta. Tembakan tepat ke arah gawang baru terjadi di menit ke-16. Tendangan Karlovic dari luar kotak penalti masih mampu ditepis kiper Persija.

Selanjutnya, laga berjalan keras menjurus kasar. Wasit harus mengeluarkan tiga kartu kuning, dua untuk Persebaya dan satu untuk Persija.

Tuan rumah belum juga melepaskan tembakan ke gawang hingga 30 menit laga berjalan. Justru Persebaya kembali membuka peluang pada menit ke-32. Andrew Baresic menyambar umpan silang dari sayap kanan dengan sundulannya, namun bola masih jatuh di samping tiang kanan gawang Vretski.

Menit ke-40 Baresic kembali mendapat peluang. Meski posisinya tak terkawal, Barisic memilih mengarahkan sundulan ke tengah kotak penalti, berharap ada kawan yang menyambar. Sayang, tak ada pemain Bajul Ijo di dalam kotak penalti Persija, membuat peluang tersebut terbuang sia-sia. Babak pertama pun usai tanpa gol.

Dia babak kedua, Persebaya membuka peluang di menit ke-60. Umpan silang Baresic ke kotak penalti mampu diantisipasi oleh pemain belakang Persija, Sedek Sanaki. Maksud Sanaki melakukan sundulan backpass, namun justru nyaris berbuah gol bunuh diri. Beruntung kiper Persija, Aleks Vretski masih sigap.

Gol yang ditunggu Persebaya akhirnya tercipta di menit ke-63. Umpan mendatar Feri Ariawan kedalam kotak penalti langsung disambut oleh tendangan mendatar Baresic yang menaklukkan Vretski.

Persija mencoba membalas dengan cepat. Menit ke-65, sepakan Danilo Fernando dari sisi kiri gawang Persebaya masih mengenai salah satu pemain bertahan Persebaya meski arahnya sudah tepat.

Persebaya mampu menggandakan keunggulan di menit ke-74. Diawali aksi Andik yang melewati Diego Michiels, pemain mungil itu memberikan umpan silang mendatar kedalam kotak penalti. Bola diterima oleh Feri Ariawan yang langsung meneruskan ke Baresic yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang Persija. Gol yang hampir sama dengan proses terjadinya gol pertama.

Persija tampil dibawah tekanan Persebaya. Alhasil, mereka tampak frustrasi. Tidak bisa menembus barikade pertahanan Persebaya, tendangan jarak jauh menjadi alternatif seperti yang dilakukan oleh Lucky Wahyu di menit ke-79. Namun, arahnya masih jauh sasaran.

Dalam waktu tersisa, Persija tak mampu mencetak gol untuk mengejar ketertinggalan dan skor 2-0 bertahan hingga pertandingan usai.

Dengan kemenangan ini, Persebaya berada di peringkat keempat dengan sembilan poin atau sama dengan perolehan Persija yang ada satu tingkat diatas Persebaya.

Daftar susunan pemain:

Persija Jakarta: Aleks Vretski; Ferdi Mose, Chairul Ridwan (Liswanto 67'), Hamdi Ramdan, Sedek Sanaki; Jaime Braganca (Rinto Ali 34), Lucky Wahyu, Danilo Fernando, Diego Michiels; Hendra Bayauw, Sansan Fauzi. Pelatih: Jaya Hartono.

Persebaya Surabaya: Endra Prasetya; Rivelino, Jefry Prasetyo, Khomad Suharto, Yusuf Hamzah; Rendi Irawan, Taufiq, Jusmadi, Mario Karlovic (Feri Ariawan 61'); Andik Vermansyah (Fasta 89'), Andrew Baresic. Pelatih: Divaldo Alves.

Komentar

x