Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 06:25 WIB

'Jose Mourinho Pelatih Terbaik di Dunia'

Oleh : Boy Leonard Pasaribu | Kamis, 16 Februari 2012 | 23:22 WIB
'Jose Mourinho Pelatih Terbaik di Dunia'
Jose Mourinho - zimbio.com
facebook twitter

INILAH.COM, Madrid - Kiper legendaris Brasil, Rogerio Ceni, secara terbuka mengungkapkan kekagumannya terhadap metode pelatihan pelatih Real Madrid, Jose Mourinho.

Ceni, yang berkunjung ke tempat latihan Madrid, Rabu (15/2/12), mengungkapkan bahwa Mourinho dan timnya tidak sekedar pandai menyusun latihan untuk persiapan bertanding, namun juga untuk pemulihan cedera.

"Klub ini memberikan contoh hebat bagi tim lain di dunia dan saya sudah mendapat kesempatan untuk belajar mengenai metode Jose Mourinho saat bahu saya cedera. Dia dan struktur klub ini sungguh mengagumkan," ujar Ceni, seperti dinukil dari realmadrid.com.

"Melihatnya melatih adalah pemandangan yang hebat. Dia merancang porsi latihan untuk setiap posisi, merancang taktik. Saya suka melihat cara dia berbicara dengan pemainnya dan bagaimana dekatnya mereka. Saya juga suka caranya menjaga hubungan dengan wartawan. Ini sangat penting untuk menciptakan atmosfer yang bagus. Mungkin saya bisa memanfaatkannya jika suatu saat nanti saya memutuskan untuk melatih," lanjutnya.

Mourinho adalah sosok yang kontroversial. Banyak yang mencela, namun banyak juga yang memujinya, salah satunya adalah Ceni.

"Ya, dia memang pelatih terbaik di dunia. Dia sudah bertahun-tahun di level elit, melatih tim penting seperti Chelsea, Inter Milan dan Real Madrid selama sepuluh tahun. Dia selalu meraih gelar dan mencapai final. Menilai dari apa yang saya lihat dan bagaimana ia memimpin timnya, dia tidak hanya pelatih terbaik saat ini, tetapi juga yang terbaik sepanjang sejarah sepak bola," tandasnya.

Ceni, saat ini berusia 39 tahun, adalah kiper dengan catatan gol terbanyak. Sepanjang karirnya bersama Sao Paulo, yang telah ia bela sejak 1992, Ceni sudah mencetak 101 gol dari 988 pertandingan di berbagai kompetisi. Total 14 gelar sudah ia kumpulkan. Jumlah gol terbanyak yang pernah ia cetak dalam semusim adalah 21 gol dari 75 pertandingan.

Komentar

Embed Widget
x