Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 29 April 2017 | 00:59 WIB

Final Hassanal Bolkiah Trophy 2012

Jadwal Laga Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Oleh : Boy Leonard Pasaribu | Jumat, 9 Maret 2012 | 14:13 WIB
Jadwal Laga Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam
inilah.com/Grafis
facebook twitter

INILAH.COM, Bandar Seri Begawan Indonesia akan menghadapi tuan rumah Brunei Darussalam dalam final Hassanal Bolkiah Trophy 2012. Meski diunggulkan, Garuda Muda tetap harus mewaspadai dukungan suporter tuan rumah.

Garuda Muda akan menghadapi tuan rumah Brunei Darussalam di Stadion Nasional Hassanal Bolkiah, Jumat malam nanti (9/3/12) WIB.

Brunei sebelumnya tidak terlalu diunggulkan dalam turnamen persahabatan yang melibatkan 10 negara Asia Tenggara ini. Hanya Thailand yang absen karena situasi nasional yang kurang kondusif.

Indonesia, Malaysia, Vietnam dan Myanmar muncul sebagai unggulan-unggulan teratas. Maklum, meski bertindak sebagai tuan rumah, prestasi Brunei Darussalam tidak terlalu terdengar gaungnya.

Namun kejutan diberikan tuan rumah dalam turnamen usia muda ini. Mereka mampu mengalahkan Malaysia, yang menurunkan skuad U-19. Brunei Darussalam akhirnya merebut tempat kedua, di bawah Vietnam, yang juga menurunkan skuad U-19.

Melaju ke semifinal, Brunei berhadapan dengan Myanmar, juara Grup A, yang mengalahkan Indonesia dengan skor 3-1. Sempat tertinggal lewat gol Yan Aung Win, tuan rumah membalas tiga gol yang masing-masing dilesakkan Mohd Nurikhwan bin Othman, Mohd Azwan Ali Rahman dan Adi bin Said. Myanmar mampu memperkecil ketinggalan menjadi 3-2 lewat Kyaw Zayar Win. Hasil ini bertahan hingga akhir.

Di semifinal lainnya, Indonesia yang baru sekali kalah di Grup A, menempati peringkat kedua dan berhadapan dengan juara Grup B, Vietnam. Berbeda dengan saat melawan Myanmar, Andik Vermansyah dkk tampil trengginas dan terus menyerang. Hasilnya, dua gol masing-masing dari Miko Ardiyanto dan Andik membawa Indonesia ke final.

Menghadapi final, pelatih Widodo C. Putro mengaku tak memberikan persiapan khusus. "Saya hanya ingatkan agar para pemain tidak percaya diri berlebihan. Kalau mereka tetap mengikuti instruksi pelatih, semuanya bisa berjalan lancar," tandasnya.

Pelatih hanya fokus pada kebugaran pemain. Untuk itu, setelah semifinal yang digelar Rabu lalu, skuad Garuda Muda diliburkan pada hari Kamis dan berlatih ringan pagi di hari pertandingan. "Semua pemain inti siap tampil," terang dokter tim Saad Boediono.

Indonesia tetap diunggulkan dalam laga ini. Secara statistik, Garuda sudah lima kali menang dan tak pernah kalah dalam tujuh pertemuan melawan Brunei Darussalam.Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh RCTI sejak pukul 18.45 WIB.

Embed Widget

x