Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 19:24 WIB

Chelsea Bisa Tiru Taktik Mourinho

Oleh : Reza Adi Surya | Selasa, 24 April 2012 | 03:02 WIB
Chelsea Bisa Tiru Taktik Mourinho
Jose Mourinho - Getty Images
facebook twitter

INILAH.COM, London - Chelsea bakal berhadapan dengan Barcelona di leg kedua semifinal Liga Champions. 'The Blues' bakal tandang ke Camp Nou melakoni leg kedua tengah pekan ini.

Chelsea memiliki keunggulan 1-0 berkat kemenangan yang mereka raih di leg pertama. Untuk menghadapi Barcelona di Camp Nou, Chelsea bisa meniru taktik Jose Mourinho ketika dirinya membawa Real Madrid mengalahkan Barcelona di Camp Nou akhir pekan lalu.

Mourinho tidak pernah mengalahkan Barcelona di Camp Nou sejak menangani Chelsea dan Inter Milan. Taktik Mourinho saat mengalahkan Barcelona di Camp Nou bisa diadopsi oleh pelatih Chelsea, Roberto Di Matteo.

Ketika berhadapan dengan Barcelona, Madrid menggunakan pola dasar 4-2-3-1. Namun, di lapangan kenyataannya mereka menggunakan formasi 6-3-1. Dua gelandang bertahan Madrid, Xabi Alonso dan Sami Khedira ikut berperan dalam pertahanan sehingga menumpuk enam pemain di lini belakang.

Cristiano Ronaldo, Mesut Ozil, Angel Di Maria dan Karim Benzema ditinggal di lini depan ketika melakukan serangan balik. Terlepas dari gol Alexis Sanchez, Barcelona hanya mendapat dua peluang emas melalui Tello dan Xavi.

Meski hanya menguasai bola sebesar 27 persen, Madrid mampu melakukan tembakan ke arah gawang sebanyak 14 kali atau setara dengan Barcelona. Bahkan seorang Lionel Messi pun tidak bisa melakukan tembakan ke arah gawang.

Hal ini yang bisa dilakukan oleh Frank Lampard, Ramires, Juan Mata dan Didier Drogba. Dua gelandang bertahan Chelsea, Michael Essien dan Raul Meireles/John Obi Mikel membantu empat pemain belakang Chelsea. Di leg pertama, Barcelona menguasai bola sebanyak 79 persen termasuk 24 tendangan ke arah gawang dan delapan diantaranya mengarah tepat ke gawang.

Jika mereka bisa meniru taktik Mourinho, peluang untuk melaju ke final cukup besar. Setidaknya mereka hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa melaju ke final.

 
Embed Widget

x