Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:38 WIB

Kualifikasi Piala Asia U-22

Gilas Makau, Indonesia Rebut Posisi ketiga Grup E

Oleh : Arie Nugroho | Selasa, 10 Juli 2012 | 21:34 WIB
Gilas Makau, Indonesia Rebut Posisi ketiga Grup E
Inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Pekanbaru - Indonesia sukses memetik kemenangan di partai ketiga Kualifikasi Piala Asia U-22. Kemenangan 2-1 atas Makau cukup mengantar 'Garuda Muda' ke posisi ketiga Grup E.

Timnas Indonesia memetik kemenangan 2-1 di pertandingan ketiga Grup E Kualifikasi Piala Asia U-22 melawan Makau.

Hendra Adi Bayaw menjadi pahlawan kemenangan Indonesia di pertandingan ini berkat lesakkan sepasang golnya. Gol pertamanya tercipta melalui proses yang cantik di menit ke-22. Adapun, gol keduanya hadir di penghujung babak pertama.

Makau berhasil mencetak gol balasan di babak kedua, tepatnya pada menit ke-62. Gol itu dicetak bomber Pang Chi Hang, memanfaatkan kelengahan lini pertahanan Indonesia.

Kemenangan ini mengantar Indonesia sementara menghuni posisi ketiga klasemen sementara Grup E dengan nilai tujuh poin, kalah selisih gol dari Singapura yang berada di posisi kedua.

Timnas U-22 Indonesia melakoni partai ketiga Grup E pada Kualifikasi Piala Asia U-22 melawan Makau yang dihelat di Stadion Utama Riau, Selasa (10/7/2012) WIB.

Di pertandingan ini, untuk pertama kalinya pelatih Aji Santoso tak menurunkan gelandang andalan Andik Vermansyah. Posisi Andik digantikan oleh hendra Adi Bayaw.

Timnas U-22 Indonesia langsung tampil dominan sejak awal laga. Pola umpan-umpan pendek cepat melalui sisi sayap menjadi andalan Timnas membongkar pertahanan Makau.

Namun, pertahanan Makau tampil lugas sepanjang babak pertama. Banyak sekali serangan-serangan Indonesia yang kandas ketika mendekati kotak 16 besar Makau.

Indonesia mendapatkan peluang pertama saat pertandingan berusia lima menit. Tembakan bebeas jarak jauh Fandi Eko Utomo masih tepat di peluakan penjaga gawang Ho Man Fai.

Pun demikian dengan tembakan keras jarak jauh Bayaw di menit ke-15. Masih mampu ditangkap dengan sempurna oleh Ho Man Fai.

Kebuntuan Indonesia akhirnya pecah kala pertandingan menginjak menit ke-22 melalui sebuah proses gol yang sangat cantik.

Berawal dari sebuah sepak pojok, Hendra Adi Bayau membawa bola dari sisi kiri pertahanan Makau ke dalam kotak penalti dengan melewati dua pemain bertahan Makau.

Kemudian, Bayau melepaskan tembakan datar dari sudut sempat di sisi kiri dan membentur tiang gawang sebelah kanan . Bola kemudian memantul ke dalam gawang. 1-0 Indonesia memimpin.

Agung Supriyanto nyaris membawa Indonesia memimpin 2-0 saat pertandingan menyisakan lima menit lagi. Namun, tembakannnya yang sudah berhadapan satu laan satu dengan kiper Makau masih menyamping.

Indonesia kembali mencetak gol di penghujung babak pertama. Gol Indoensia kembali dicetak Adi Bayaw.

Adi Bayaw yang berdiri diapit dua pemain bertahan Makau dengan tenang mencungkil bola melewati kiper Makau. Hingga babak pertama usai, keunggulan dua gol Indonesia tetap tak berubah.

Pertarungan tetap berjalan menarik di babak kedua. Makau tetap tampilbertahan dan sesekali melakukan serangan ke gawang Indonesia dengan mengandalkan serangan balik.

Indonesia nyaris menggandakan keunggulannya tiga menit setelah babak kedua bergulir. Bayaw yang berdiri di sisi kiri lepas dari pengawalan pemain Makau. Tapi, tembakan kerasnya masih menyamping di sisi kiri gawang Makau.

Makau berhasil memperkecil ketertinggalannya di menit ke-62. Gol Makau dicetak oleh Pang Chi Hang.

Gol tersebut terjadi akibat kelengahan lini belakang Indonesia. Kelengahan lini belakang Indonesia membuat Pang Chi Hang lolos jekabak offside dan membawa bola sendiri tanpa pengawalan.

Penjaga gawang Aji Saka keluar dari sarangnya untuk memperkecil ruang tembak. Namun, Pang Chi Hang berhasil menngoceknya dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang kosong. 2-1 skor berubah.

Peluang emas kembali dimiliki Indonesia di menit ke-68. Tandukan Agusng Supriyanto di muka gawang Makau masih tinggi di atas mistar gawang.

Andik Vermansyah yang masuk di pertengahan babak kedua menggantikan Fandi Eko Utomo beberapa kali memiliki peluang mencetak gol. Namun, hingga pertandingan usai, keunggulan 2-1 Indonesia tetap tak berubah.

Komentar

 
x