Rabu, 22 Oktober 2014 | 06:57 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Uji Coba Lawan Vietnam
Indonesia Masih Sulit Menang
Headline
ist
Oleh: Boy Leonard Pasaribu
Bola - Sabtu, 15 September 2012 | 18:00 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Surabaya - Indonesia tak mampu mempertahankan dominasi permainan di babak pertama saat melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (15/9/12).

Selama 45 menit plus tiga menit waktu tambahan babak pertama, Ellie Aiboy dkk tampil cukup rancak memainkan skema satu-dua sentuhan dengan cepat untuk melawan Vietnam, yang lebih mengandalkan taktik serangan balik lewat sayap. Namun pola tersebut tak bertahan di babak kedua. Laga pun berakhir tanpa gol.

Instruksi pelatih Nil Maizar untuk bermain cepat diterapkan dengan cukup baik, meski Andik Vermansyah tak ikut bermain. Oktovianus Maniani, dan Taufik menjadi motor serangan ‘Skuad Garuda’.

Vietnam, yang sempat menguasai awal babak pertama, tak mampu membuat serangan berbahaya, kecuali tendangan bebas pada menit ke-15.

Disaksikan sekitar 10 ribu pendukungnya, Indonesia perlahan mengambil alih penguasaan bola dan balik menekan sang tamu. Peluang pertama dibuat pada menit ke-10, tendangan Samsul Arif masih bisa diblok kiper Nugyen Thanh Binh. Bola muntah kemudian disambar Irfan Bachdim, namun bola mengarah ke samping tiang gawang.

Pemain keturunan Belanda itu kembali mendapat peluang pada menit ke-13, kali ini lewat sundulan. Lagi-lagi, bola masih jauh dari sasaran.

Okto, Taufik dan Ellie kerap melakukan umpan satu dua dipadu dengan terobosan yang sedap dipandang untuk mengurai pertahanan lawan. Tak jarang, mereka juga menunjukkan skil individu dengan melakukan tendangan tumit.

Pada menit ke-29, Indonesia kembali menyerang dan menciptakan kemelut di depan gawang lawan. Bek Vietnam kurang bersih menyapu bola sehingga bola justru jatuh di kaki Ellie. Sayang, sontekan Ellie masih melebar.

Peluang terakhir sebelum wasit mengakhiri babak pertama tercipta pada menit ke-40. Menusuk dari sayap kanan, Ellie mengirimkan umpan matang ke tiang dekat. Bola disambar sundulan Samsul, namun bola masih mengarah ke samping tiang gawang. Hingga peluit akhir tanda waktu jeda, kedudukan tetap masih sama imbang 0-0.

Indonesia masih menekan di babak kedua. Sebuah umpan terobosan terukur dari Ellie disambut Samsul di kotak penalti. Sayang, tendangan Samsul usai mengecoh bek lawan masih tinggi di atas mistar gawang.

Vietnam perlahan mengimbangi penguasaan bola 10 menit setelah babak kedua berjalan. Masuknya Hendra Bayauw menggantikan Ellie Aiboy ternyata justru mengurangi kreativitas permainan Indonesia.

Sementara permainan Vietnam meningkat setelah masuknya Nguyen Van Quyet. Peluang paling matang didapat tim tamu pada menit ke-60. Sebuah umpan terobosan lambung diterima Pham Thanh Luong di kotak penalti sambil membelakangi gawang. Dibayangi satu bek Indonesia, Luong bisa melepaskan tendangan sambil membalikkan badan. Beruntung bagi Indonesia, bola masih melebar tipis di samping tiang kanan gawang Vietnam.

Stamina pemain Indonesia kian menurun memasuki akhir babak kedua. Vietnam mendapat peluang melalui serangan balik pada menit ke-90 dengan situasi tiga pemain Vietnam menghadapi dua bek Indonesia. Beruntung, Fakhruddin menyusul turun ke belakang untuk menghalau bola umpan silang yang melintas di depan gawang Indonesia, tepat sebelum disambar pemain Vietnam.

Hingga wasit mengakhiri babak kedua, sebanyak 8.611 pendukung Timnas harus puas dengan skor 0-0.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER