Sabtu, 25 Oktober 2014 | 18:10 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Inilah 10 Pesepakbola yang Gemar Merokok
Headline
inilah.com/Grafis
Oleh: Arie Nugroho
Bola - Kamis, 1 November 2012 | 20:25 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Bagi seorang pesepakbola, merokok adalah hal yang diharamkan. Kebanyakan klub tegas melarang konsumsi rokok, namun sejumlah pemain tetap bersikeras merokok.

Sudah banyak dampak negatif rokok yang dipublikasikan berbagai kalangan. Olahraga, sebagai salah satu perwujudan gaya hidup sehat, jelas bertentangan dengan rokok. Sejumlah organisasi olahraga juga telah melarang iklan rokok dan komunikasi apapun yang memublikasikan rokok.

Salah satu dampak negatif rokok adalah memperpendek nafas dan mengurangi stamina pemain. Meski sudah dilarang klub, pemain-pemain ini tetap tak menghentikan kebiasaan merokoknya. Siapa saja?

1. Dario Hubner

Dario adalah mantan penyerang klub Italia Piacenza yang terkenal dengan rambut kribonya. Salah satu kandidat top skorer Seri A musim 2000/2001 itu ternyata seorang perokok berat. Dia mampu menghabiskan dua bungkus rokok dalam sehari.

2. Francesco Coco

Coco terpaksa pensiun dini dari dunia sepakbola pada 2007 silam. Kontrak Coco diputus sepihak oleh AC Milan dengan alasan masalah kesehatan. Coco sempat berlatih di Manchester City. Namun, City tak jadi menggunakan jasanya karena ketahuan merokok di lapangan.

3. Tedy Sheringham

Mantan penyerang kawakan Manchester United dan Timnas Inggris itu bermasalah dengan Federasi Sepakbola Inggris (FA) karena sering ketahuan merokok di klub malam.

4. Diego Armando Maradona

Legenda Argentina ini memang dikenal 'brutal' pada masa lalunya. Narkoba dan alkohol menjadi sesuatu yang akrab baginya, apalagi rokok. Di tahun 2004, Maradona menghabiskan waktu selama 10 hari di sebuah tempat rehablitasi untuk menyembuhkan ketergantungan rokoknya.

5. Johan Cruyff

Legenda Belanda Johan Cruyff pun sama. Meski dikenal hebat saat menjadi pemain dan pelatih, Cruyff ketahuan merokok 20 batang sehari saat ia pertama kali melatih Barcelona. Tapi, kini Cruyff menjadi duta anti rokok di Catalunya, Spanyol.

6. Christian Chivu

Pemain asal Rumania dan bek klub Inter Milan ini mengaku sebagai seorang perokok. Dilansir dari bignewsmagazine.com, saat bersama timnas Rumania, dia dan beberapa rekan-rekannya diperbolehkan merokok di sela-sela sesi latihan.

7. Dimitar Berbatov

Striker yang dikabarkan siap hengkang dari Manchester United ini pernah kedapatan merokok saat berada di jalanan Manchester. Tapi, menurut pengakuan Berbatov, ia hanya merokok agar terlihat keren di mata orang lain.

8. Wayne Rooney

Rooney pernah kedapatan merokok saat berada di Las Vegas bersama istrinya di sebuah hotel bintang lima. Rooney memang kerap dikaitkan dengan rokok, rumornya ia bisa menghabiskan sebungkus rokok dalam sehari.

9. William Gallas

Pesepakbola Prancis yang kini bermain d Tottenham Hotspur tersebut ketahuan merokok saat berada di sebuah klub malam, saat Gallas masih bermain untuk Arsenal. Pelatih Arsenal, Arsene Wenger bahkan memberikan teguran keras pada Gallas saat itu. Bisa jadi, keputusan Wenger mencopot ban kapten darinya kala itu akibat kebiasaan buruknya ini.

10. Mario Balotelli

Balotelli memang selalu membuat cerita. Tentang merokok, Balotelli bahkan pernah melakukannya di ruang ganti Manchester City pada musim 2011/2012. Pelatih Manchester City, Roberto Mancini sudah tidak tahan dengan kelakuan Balotelli. Bahkan Mancini mengatakan, seandainya Balotelli adalah putra kandungnya maka ia akan menendang Balotelli untuk membuat efek jera terhadap rokok.[yob]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER