Sabtu, 19 April 2014 | 22:06 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Leg Kedua Semifinal Liga Champions
Munchen Bantai Barcelona di Camp Nou
Headline
Pesta gol Bayern Munchen digawang Barcelona dengan skor 0-3 - (Foto: gettyimages)
Oleh: Cakrayuri
Bola - Kamis, 2 Mei 2013 | 03:36 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Barcelona – Barcelona menangis di Stadion Camp Nou. Harapana mereka membalikkan ketertinggalan gagal terwujud. Bayern Munchen berhasil mengalahkan Barcelona dengan skor 0-3 (agregat 0-7) di babak semifinal Liga Champions, Kamis (2/5/2013) dini hari WIB.

Tiga gol Munchen terjadi di babak kedua oleh Arjen Robben, Gerard Pique (bunuh diri) dan Thomas Muller.

Los Blaugrana membutuhkan lima gol untuk lolos ke partai final. Pasalnya, pada pertemuan pertama, tim besutan Tito Vilanova itu kalah 4-0 atas Munchen di Stadion Allianz Arena. empat gol Die Roten lahir melalui dua gol Thomas Muller, Arjen Robben, dan Mario Gomez.

Barcelona tak bisa menurunkan Lionel Messi, Carles Puyol dan Javier Mascherano karena cedera. Posisi bek tengah ditempati Marc Bartra dan Gerard Pique. Lini tengah diisi oleh Xavi, Andres Iniesta dan Alex Song. Di lini depan, Lionel Messi tidak diturunkan sejak awal. Dia digantikan Cesc Fabregas. Mantan pemain Arsenal itu akan menemani Pedro Rodriguez dan David Villa.

Sedangkan Munchen turun dengan kekuatan dengan menurunkan Mario Mandzukic sebagai penyerang tunggal. Lini tengah diisi Thomas Muller, Arjen Robben, Franck Ribery, Bastian Schweinsteiger dan Javi Martinez. Lini belakang dikawal Daniel van Buyten, Philippe Lahm dan Jerome Boateng.

Pertarungan kedua kesebelasan di babak pertama berjalan seru, tempo tinggi diperagakan keduanya. Barca yang berambisi mengejar ketertinggalan tampil terbuka, sementara Bayern juga bermain menyerang, mereka tidak memberikan ruang kepada pemain Barca.

Bayern mendapat peluang emas pertamanya di menit ke-12. Robben lolos dari perangkap offside, dia berlari sangat cepat dari sisi kanan. Di sisi lain Pique juga mengejarnya. Robben melakukan tendangan dari dalam kotak penalti, tapi Pique berhasil membloknya dan bola berhasil ditangkap Valdes.

Hingga menit ke-20, Baca belum bisa menembus pertahanan Munchen yang dikomandoi van Buyten. Tidak adanya Messi di babak pertama sangat mempengaruhi permainan Barca.

Menit ke-24, Pedro melepaskan tendangan dari jarak 35 meter dengan kaki kanannya. Bola mengarak ke pojok kanan atas, Neuer masih bisa menepisnya.

Semenit berselang Xavi mendapat peluang emas tepat di depan penjaga gawang Munchen. Dari sisi kanan Alves mengirim umpan silang ke dalam kotak penalty, Fabregas menahannya dengan dada. Bola mengarah ke Xavi yang langsung menyepaknya. Sayang tendangannya masih melambung tinggi di atas mistar gawang.

Aksi individu Robben di menit ke-35 belum membuahkan hasil. Dia menyisir sektor kanan, kemudian bergerak ke lapangan tengah. Robben mencoba menendang dari luar kotak penalti dengan kaki kiri, sayang bola mengenai badan Bartra.

Adriano membantu penyerangan di menit ke-41. Dia berlari dari pertahanan Barca hingga ke lini belakang Munchen. Adriano melepaskan sepakan datar ke arah pojok kanan dari luar kotak penalti. Usahanya masih digagalkan Neuer.

Hingga peluit pertama dibunyikan, Barca belum mampu membobol gawang Bayern Munchen.

Memasuki babak kedua, Munchen mencetak gol di menit ke-48. David Alaba memberikan umpan panjang kepda Robben. Dia meliuk di kotak penakti Barcelona. Robben melepaskan tendangan kaki kiri, bola mengarah ke pojok kanan gawang. Valdes tak bisa menghalaunya. Munchen unggul 0-1, agregat 0-5. Barca harus mencetak enam gol jika mau ke paratai final.

Tito Vilanova memasukkan Alexis Sanches di menit ke-55. Dia menggantikan Xavi. Pelatih Barcelona itu belum mau menyerah hingga pertandingan usai.

Peluang Barca dimenit ke-65. Sanchez yang baru masuk di babak kedua mengancam gawang Neur. Dia membawa bola hingga masuk ke kotak penalti. Dari sudut sempit dia menendang bola dan usahanya belum menemui sasaran.

Munchen menambah keunggulan di menit ke-72. Pique salah mengantisipasi umpan silang Ribery yang bergerak di sisi kiri. Bek tengah Barcelona itu malah mengirim bola ke gawangnya sendiri. Munchen unggul 0-2, agregat 0-6. Pemain Barca tampak tertunduk lesu.

Keunggulan The Bavarians bertambah di menit ke-76. Ribery kembali bergerak di sisi kiri, dia mengirim umpan silang. Muller berhasil menyundul, Valdes kembali tidak berdaya. Die Rotens unggul 0-3, agregat 0-7.

Di sepuluh menit terakhir, Barcelona mengurung pertahanan Munchen, tapi sayang tak ada peluang yang dihasilkan oleh mereka. Hingga peluit berakhir, Blaugrana kalah telak 0-3 dari Munchen.

Munchen berhasil mengalahkan Barcelona, maka All-German Final akan terjadi di Stadion Wembley, London Inggris pada 25 Mei 2013. Tim Jerman lainnya, Borussia Dortmund sudah memastikan satu tempat di partai final usai menyingkirkan Real Madrid dengan agregat 4-3, Rabu (1/5/2013) WIB.

Susunan pemain

Barcelona: Victor Valdes, Daniel Alves. Gerard Pique, Marc Bartra, Adriano, Cesc Fabregas, Xavi Hernandez (Alexis Sanchez ’55), Andreas Iniesta (Thiago Alcantara ’65), Alex Song, David Villa, Pedro Rodriguez

Pelatih: Tito Vilanova

Bayern Munchen: Manuel Neuer, Jerome Boateng, Daniel van Buyten, Philippe Lahm (Rafinha ’77), Franck Ribery, Javi Martinez (Annatplly Tymoshchuk ’74), Bastian Schweinsteiger (Luiz Gustavo Diaz ’67), Arjen Robben, Thomas Muller, David Alaba, Marko Mandzukic

Pelatih: Jupp Heynckes

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
1 Komentar
ontohod
Kamis, 2 Mei 2013 | 07:18 WIB
menang kalah itu biasa, 7-0 itu luar biasa..
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER