Sabtu, 30 Agustus 2014 | 01:03 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Inilah Hasil Kongres PSSI 2013 di Surabaya
Headline
(Foto : inilah.com)
Oleh: Boy Leonard Pasaribu
Bola - Senin, 17 Juni 2013 | 16:22 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Surabaya - Kongres PSSI 2013 yang digelar di Hotel Shangri-La, Surabaya, Senin (17/6/13) resmi ditutup. Sejumlah keputusan penting diambil.

Kongres dibuka oleh Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, sekitar pukul 09.00 WIB, dihadiri Head of Member of Association FIFA Marco Leal, FIFA Department Officer of Kuala Lumpur Jaysing Muthia dan Director of Member of Association AFC Janeevan Balasing.

Sejumlah keputusan tersebut antara lain adalah pemecatan enam anggota Komite Eksekutif (Exco), yakni Farid Rahman, Sihar Sitorus, Bob Hippy, Tuty Dau, Mawardi Nurdin dan Widodo Santoso.

Selain dipecat, keenamnya juga disanksi larangan berkecimpung di sepak bola nasional selama 10 tahun ke depan. Sihar Cs dianggap membabayakan sepak bola nasional saat melakukan walk out pada Kongres Luar Biasa (KLB) 17 Maret lalu. Jika KLB saat itu kolaps, FIFA akan menjatuhkan sanksi kepada PSSI. Selain itu, keenamnya juga dituduh melakukan pemalsuan dokumen PSSI.

Kongres juga mengukuhkan empat Exco baru yakni La Siya, Djamal Azis, Hardi Hasan dan Zulfadli. Dengan demikian, Exco PSSI menjadi berisi 15 personel.

Sementara untuk menggantikan enam anggota yang dipecat, Exco PSSI akan membentuk Komite Pemilihan berisi sembilan orang dan Komite Banding Pemilihan berisi lima orang untuk menggelar pemilihan Enam Exco pada Kongres berikutnya.

Bentuk maupun tanggal kongres berikutnya, akan ditentukan lewat rapat Exco mendatang.

Kongres juga telah menerima laporan pertanggungjawaban kinerja PSSI dan laporan keuangan dengan baik.

Soal kompetisi, Liga Super Indonesia (ISL) akan diikuti 22 klub, dengan perkiraan kompetisi mencapai satu tahun. Karena pada 2014 akan ada banyak agenda nasional maupun internasional, seperti Piala Dunia, Pemilihan Presiden 2014 maupun Hari Raya Idul Fitri.

Untuk kompetisi amatir, diperkenalkan sistem baru dengan konsentrasi pengelolaan pada tingkat provinsi, namun detail akan dibahas lebih lanjut.

Terakhir, PSSI juga mengumumkan mundurnya Hadiyandra sebagai sekretaris jenderal PSSI dan digantikan CEO PT Liga Indonesia, Djoko Driyono. Nasib CEO PT Liga akan dibahas pada RUPS PT Liga terdekat.

Hadiyandra mengundurkan diri karena ingin berfokus pada disertasi yang tengah dikerjakannya saat ini. Ketua Pengprov PSSI Jambi ini akan menjabat sebagai Ketua Taskforce Reformasi Asosiasi PSSI (nama baru Pengprov PSSI).

PSSI juga sepakat membentuk tiga asosiasi, yakni asosiasi pemain, asosiasi pelatih dan asosiasi futsal. Untuk asosiasi pemain, PSSI mengakomodir Asosiasi Pemain Sepak bola Nasional Indonesia (APSNI) yang dipimpin oleh Mundari Karya. Untuk asosiasi pelatih, PSSI mengakomodir Asosiasi Pelatih Sepak bola Indonesia (APSI) pimpinan G.H Sutedjo.

Namun asosiasi tersebut tidak begitu saja diakomodir. PSSI akan menempatkan ketua ad-interim untuk memimpin kongres asosiasi tersebut dan membentuk Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang sejalan dengan AD/ART PSSI.

PSSI juga sepakat untuk membentuk Asosiasi Sepak bola Wanita dan Asosiasi Wasit dalam waktu mendatang.

Kongres ditutup oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu berharap PSSI menjadi semakin baik ke depannya.

"Semoga setelah ini PSSI kian satu. Tidak ada lagi konflik. Kian fokus dalam pengembangan sepak bola, khususnya pembinaan pemain muda," katanya menutup Kongres, Senin (17/6/13) sekitar pukul 14.30 WIB.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
1 Komentar
Abu Aiman
Selasa, 18 Juni 2013 | 04:58 WIB
yah atur saja.... dengan muka2 yang itu2 saja, yakinlah PSSI akan begitu2 saja juga alias jauh panggang dari api alias gak akan berprestasi.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER