Jumat, 24 Oktober 2014 | 00:10 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Barca Menang Telak, Bukti Taktik Jitu Martino
Headline
Pelatih Barcelona, Gerardo Tata Martino - (Foto:theguardian)
Oleh: Boy Leonard Pasaribu
Bola - Rabu, 25 September 2013 | 07:47 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Barcelona - Kemenangan telak atas Real Sociedad, Rabu dini hari (25/9/13) WIB menjadi ajang pembuktian taktik jitu pelatih Barcelona, Gerardo ‘Tata’ Martino.

Pelatih yang baru mulai melatih Barcelona pada awal musim ini tersebut mendapat kritikan terkait taktik yang diterapkannya untuk Lionel Messi dkk. Bukan karena Barca tak pernah menang, tetapi karena keindahan permainan khas Barca menjadi luntur.

Setidaknya dalam lima tahun terakhir, Barca dikenal dengan permainan cantik ‘tiki taka’, yang mengandalkan umpan-umpan pendek cepat dari kaki ke kaki. Para pemain tak boleh menguasai bola lebih dari dua sentuhan. Mereka juga wajib menjaga bola tetap menempel di rumput lapangan.

Kedatangan Martino mengubah gaya main Barca. Apa yang dulu ‘diharamkan’ kini sering ditampilkan. Sergio Busquets, Xavi, Andres Iniesta diizinkan berlama-lama menahan bola dan mengirimkan umpan-umpan lambung ke sisi sayap. Gaya seperti itu masih terlihat saat Barca mengalahkan Sociedad 4-1.

Dengan kemenangan ini, Barca sudah tiga kali beruntun meraih kemenangan dengan mencetak empat gol ke gawang lawan. Sebelumnya, Blaugarana mengalahkan Rayo Vallecano dan Ajax Amsterdam dengan skor sama, 4-0.

“Cara berpikir saya tidak akan berubah, saya terus mengulangi cara main yang saya inginkan, mungkin pertandingan ini membantu beberapa orang melihat sesuatunya dengan lebih jelas,” kata pelatih berusia 50 tahun itu seperti dilansir Football Espana.

“Kami menampilkan permainan yang sangat bagus. Cara kami bermain di babak pertama sungguh luar biasa. Sayang sekali kami tak bisa mencetak lebih banyak gol,” ia menambahkan.

Insiden kecil terjadi pada akhir laga, tepatnya menit ke-81 saat Messi digantikan Sergi Roberto. Pencetak satu gol ke gawang Sociedad itu tampak tidak senang.

“Messi tak senang diganti? Leo memang tak pernah mau diganti, tetapi sudah jadi tugas saya untuk menjaganya. Kami ingin kondisinya tetap sebaik sekarang sampai akhir musim nanti,” Martino menjelaskan.

Pelatih juga memberikan komentarnya terhadap Neymar, yang sukses mencetak gol perdana di La Liga. “Neymar adalah pemain istimewa. Kerja kerasnya untuk tim sungguh mengejutkan,” katanya.

Satu-satunya penyerang dalam susunan 11 pemain awal yang tidak mencetak gol adalah Alexis Sanchez. Namun Martino tetap menilai positif permainannya dini hari tadi.

“Alexis tidak mencetak gol, tetapi dia bekerja keras hari ini, baik saat bertahan maupun menyerang. Dia melakukan hal yang jarang dilakukan penyerang kebanyakan,” ia memungkasi.

Neymar mencetak gol pembuka pada menit kelima disusul Messi menit kedelapan. Sergio Busquets menambah gol Barca pada menit ke-23. Sociedad berhasil memperkecil ketinggalan lewat Alberto de la Bella pada menit ke-64, namun tuan rumah kembali menjauh lewat gol Marc Bartra.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER