Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 8 Desember 2016 | 03:12 WIB
Hide Ads

Pelatih Bantah Timnas Tak Punya Pakem Bermain

Oleh : Boy Leonard Pasaribu | Kamis, 12 Desember 2013 | 20:52 WIB
Pelatih Bantah Timnas Tak Punya Pakem Bermain
Pelatih Rahmad Darmawan - (foto: istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Yangon Timnas Indonesia U-23 menurunkan starting XI yang berbeda pada dua laga SEA Games 2013, yakni lawan Kamboja pada Senin (9/12/13) dan lawan Thailand pada Kamis (12/12/13).

Sedikitnya empat pemain yang turun sejak awal pada laga lawan Kamboja, yakni Dendi Santoso, Yandi Sofyan, Ramdhani Lestaluhu dan Rizky Pellu duduk di bangku cadangan saat lawan Thailand. Gantinya, Egi Melgiansyah, Ferinando Pahabol, Bayu Gatra Sanggiawan dan Fandi Eko Utomo dimainkan sejak awal.

Rahmad berharap skuadnya bisa tampil lebih matang dan lebih baik lagi daripada saat mengalahkan Kamboja dengan skor 1-0. Apa daya, Skuad Garuda justru digilas Gajah Perang dengan skor 1-4. Timnas terlihat seolah tak punya pakem permainan.

"Tidak. Sudah ada (pakem permainan). Kenapa main Bayu Gatra karena Ramdhani dan Dendi kondisinya kemarin bermasalah. Saat Bayu dan Pahabol kemarin masuk, mereka bikin perubahan. Jadi saya rasa mereka layak mendapat kesempatan," kata Rahmad Darmawan dalam jumpa pers setelah pertandingan di Stadion Thuwunna, Kamis (12/12/13) sore waktu setempat.

Dari empat nama baru di susunan 11 pemain awal, hanya Fandi Eko yang belum sekalipun bermain. Lainnya sudah turun sebagai pemain pengganti.

"Pilihannya Fandi Eko atau Pellu, tapi karena pilihannya adalah berusaha menyerang, pilihan jatuh pada Fandi Eko. Lagipula, Fandi Eko sudah disiapkan sejak awal," sang pelatih menambahkan.

RD sudah sejak lama mengakui bahwa kelemahan di timnya saat ini adalah lini depan. Tumpulnya lini depan kembali terlihat saat lawan Thailand namun sang pelatih tak sepakat jika penyelesaian akhirnya dibilang lemah.

"Sebenarnya kami merasa membaik saat turnamen di Jakarta (MNC Cup). Tetapi hari ini memang terlihat bahwa kami punya masalah dalam membuat variasi serangan karena Thailand bertahan dengan baik. Saya rasa itu masalahnya (variasi serangan) bukan masalah kami tak punya peyerang."

"Pemain sudah coba lebih lepas dan 100 persen kekalahan ini menjadi tanggung jawab saya," mantan pelatih Persipura Jayapura itu menjelaskan.

Dengan hasil ini, Indonesia berada di peringkat ketiga dengan tiga poin dari dua laga. Thailand di tempat pertama dengan enam poin, unggul selisih gol dari Myanmar. Timor Leste berada di peringkat keempat, kalah selisih gol dari Indonesia. Dasar klasemen dihuni Kamboja, tanpa poin.

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x