Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 30 Juni 2016 | 06:28 WIB
Hide Ads

Gol Giroud Selamatkan Arsenal dari Kekalahan

Oleh : Arif Budiwinarto | Minggu, 24 Agustus 2014 | 01:27 WIB
Gol Giroud Selamatkan Arsenal dari Kekalahan
Giroud - (Foto: Premierleague)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Sempat tertinggal dua gol, Arsenal berhasil memaksakan hasil imbang 2-2 melawan Everton dalam lanjutan Liga Primer Inggris pekan kedua di Goodison Park, Sabtu malam (23/8/2014) WIB.

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, akhirnya bisa menurunkan Mesut Ozil dan Per Mertesacker dalam pertandingan setelah absen di laga pembuka pekan kemarin.

Untuk sektor serang, The Professor mempercayakan Alexis Sanchez sebagai penyerang tunggal.

Di kubu tuan rumah, pelatih Roberto Martinez juga mengandalkan penyerang tunggal yang ditumpukan kepada Romelu Lukaku. Martinez menumpuk lima gelandang di lapangan tengah. Hal ini dimaksudkan untuk mengusai aliran bola serta memotong serangan Arsenal.

Sepanjang 90 menit, kedua cenderung berimbang dan saling jual beli serangan. Dari enam percobaan Everton mampu mencetak dua gol berkat suntingan Seamus Coleman dan Steven Naismith.

Sedangkan Arsenal membuat tujuh percobaan dan berbuah dua gol lewat suntingan Aaron Ramsey dan pemain pengganti Olivier Giroud. Bulan April lalu, The Gunners kalah dengan skor telak 3-0.

Dengan hasil ini, Everton naik ke posisi 10 dengan mengemas nilai dua dari dua kali imbang. Sementara Arsenal naik ke nomor tiga dengan nilai empat menggeser Manchester City yang baru akan bertanding Selasa dini hari (26/8)

Jalannya Pertandingan:

Arsenal langsung ambil inisiatif menyerang lebih awal. Menit keenam, The Gunners mendapat peluang pertama. Kesalahan Sylvain Distin mengantisipasi bola kiriman Mathieu Debuchy, beruntung bola liar di kotak penalti gagal disambar Alexis Sanchez.

Menit kesepuluh Steven Pienaar harus ditarik keluar lapangan setelah mengeluhkan rasa sakit di bagian lututnya. Ia digantikan oleh Leon Osman.

Menit ke-11, Chamberlain berusaha membuka angka melalui usahanya dari luar kotak penalti. Sepakan kaki kirinya masih melambung tipis di atas gawang Tim Howard.

Empat menit berselang, Chamberlain kembali menebar ancaman. Memanfaatkan kesalahan bek Everton menghalau bola, si kulit bundar malah jatuh ke kaki pemain internasional Inggris itu. Namun, usahanya masih melebar.

Keasyikan menyerang, lini pertahanan Arsenal lengah. Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh tuan rumah untuk membuka keunggulan. Berawal dari tendangan bebas Gareth Barry, Coleman yang tak terkawal dengan bebas melakukan sundulan. Bola gagal dijangkau Szczesny, Everton 1 Arsenal 0.

Tiga menit berselang, The Toffess hampir menggandakan angka. Mirallas dalam posisi bebas dan berhadapan dengan kiper, namun sebuah gangguan dari Chambers membuat sepakan yang dia lepaskan melebar.

Satu gol tersebut membuat tuan rumah semakin percaya diri meladeni permainan Arsenal. Hasilnya, tim tamu malah yang kesulitan mengembangkan permainan.

Memasuki menit ke-35 belum ada usaha The Gunners yang benar-benar membahayakan gawang Tim Howard.

Sebaliknya, lemahnya konsentrasi barisan belakang Arsenal dihukum Everton dengan gol kedua di menit ke-45. Adalah Steven Naismith yang mencetak gol kedua timnya.

Berawal dari Lukaku, ia memberikan umpan terobosan kepada Naismith yang lolos dari jebakan offside. Berhadapan satu lawan satu dengan Szczesny, ia berhasil menuntaskan peluang tersebut jadi gol. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di awal paruh kedua, Arsenal melakukan pergantian dengan memasukan Olivier Giroud menggantikan Alexis Sanchez.

Dua menit berada di lapangan, Giroud langsung mengancam gawang lawan melalui tendangan first time menyambut umpan Chamberlain. Sayang, bola masih melayang tinggi.

Pertandingan mulai berjalan keras. Jack Wilshere dan Gareth Barry sempat terlibat cekcok kecil di lapangan akibat tekel kasar Wilshere.

Hingga satu jam laga berjalan, kedua tim masih sama-sama bermain dengan tempo tinggi dan terkadang menjurus kasar. Beberapa kali wasit terpaksa melerai pemain yang terlibat aksi dorong.

Mengetahui serangan lewat sisi tengah lapangan sangat sulit. Arsenal coba memanfaatkan umpan silang dari sisi sayap. Namun, sekali lagi skema ini mampu dibaca dengan baik oleh bek Everton.

Peluang terbaik Meriam London hadir di menit ke-69. Berhasil lolos dari jebakan offside dan berhadapan dengan Tim Howard. Sepakan pemain Prancis itu masih bisa diblok oleh Howard.

Guna menambah variasi serangan Arsenal melakukan dua pergantian sekaligus di menit ke-74. Joel Campbell dan Santi Cazorla masuk menggantikan Chamberlain dan Wilshere.

Pergantian tersebut memberikan sedikit penyegaran di lini depan. Joel Campbell berani merangsek masuk ke dalam kotak penalti sedangkan Cazorla beberapa kali sempat melakukan kombinasi satu dua dengan Ozil.

Menyisakan 10 menit akhir, Arsenal semakin bernafsu mencetak gol setidaknya untuk menyamakan angka. Usaha Arsenal akhirnya berbuah hasil di menit ke-83. Aaron Ramsey berhasil membelokkan bola umpan mendatar Cazorla dari sayap kiri. Skor 2-1 masih untuk keunggulan Everton.

Saat laga diperkirakan akan berakhir dengan kemenangan tuan rumah, Olivier Giroud jadi sosok antagonis. Golnya di menit ke-92 membuyarkan kemenangan The Toffess. Menyambut umpan Ramsey, sundulan Giroud bersarang tepat di sisi kanan gawang Howard. Skor 2-2 bertahan hingga laga usai.[rza]

Susunan Pemain:

Arsenal: Wojciech Szczesny; Mathieu Debuchy, Per Mertesacker, Calum Chambers, Nacho Monreal; Mathieu Flamini, Alex Oxlade-Chamberlain (Joel Campbell 74'), Jack Wilshere (Santi Cazorla 74'), Aaron Ramsey, Mesut Ozil; Alexis Sanchez (Olivier Giroud 46'). Pelatih: Arsene Wenger.

Everton: Tim Howard; Seamus Coleman, Phil Jagielka, Sylvain Distin, Leighton Baines; Gareth Barry, James McCarthy, Kevin Mirallas (C. Atsu 85'), Steven Naismith, Steven Pienaar (Leon Osman 10'); Romelu Lukaku (Aiden McGeady 76'). Pelatih: Roberto Martinez.

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x