Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 20:15 WIB

Sanksi Berlipat Menanti El Loco Gonzales

Oleh : Daddy Mulyanto | Kamis, 28 Agustus 2014 | 00:32 WIB

Berita Terkait

Sanksi Berlipat Menanti El Loco Gonzales
Cristian Gonzales - goal.com

KOMISI disiplin PSSI telah mengeluarkan 19 Sanksi hingga 26 Agustus ini. Salah satunya didapat panpel dan pemain Persija. Serta Cristian Gozales yang masih menunggu hukuman tambahan.


Setelah diganjar kartu merah oleh wasit Thoriq Alkatiri, striker Arema Cronus Cristian Gonzales terancam hukuman berlipat, karena dengan sengaja memukul bek Sriwijaya FC, Abdoulaye Maiga, pada laga Arema kontra SFC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (24/8) lalu.

Ketua Komisi Disiplin PSSI, Hinca Panjaitan kepada wartawan mengatakan telah memanggil Gonzales, tapi bukan karena kartu merah yang didapatnya melainkan kelakuan buruk dilakukannya berulang-ulang.

"Kalau sudah dikartu merah wasit masalahnya selesai. Tapi, Gonzales ini pernah melakukan kelakuan buruk dengan berulang. Kita akan hukum perilaku berulang itu, bukan kartu merahnya," kata Hinca Panjaitan.

Menurut Hinca, Komdis menjadwalkan pemanggilan Gonzales pada pekan depan. Jika terbukti, Gonzales akan mendapat hukuman tambahan. "Pekan depan kami panggil dia. Untuk hukuman tambahannya seperti apa, tunggu saja nanti. Bisa denda atau hukuman lainnya, karena perilaku buruk seperti ini sudah dilakukannya berulang-ulang. Kami punya datanya," ujarnya.

Sementara itu, Hinca mengatakan bahwa Komdis tidak bisa menindaklanjuti pernyataan Stefan Hansson. Pelatih Mitra Kukar itu mengaku mendengar rencana diving yang dipercakapkan antara dua pemain Perseru Serui. Satu pemain meminta pemain lainnya menjatuhkan diri di kotak penalti.

"Harus ada bukti dan ada pengaduan. Intinya Komdis tidak mungkin menindaklanjuti kalau hanya teriak atau bicara ke media saja," jelas Hinca.

Selain itu, Komdis juga menghukum bek Persija Jakarta, Ismed Sofyan, karena terbukti melakukan tingkah laku buruk dan tidak patut lantaran dengan sengaja menginjak bek Pelita Bandung Raya (PBR), Dias Angga Putra, saat laga Persija kontra PBR, 14 Agustus lalu.

Komdis menghukum Ismed dengan larangan satu pertandingan di kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014. Artinya, Ismed tidak bisa memperkuat Persija saat menjamu Barito Putera di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 5 September nanti.

Di samping itu, pemain asal Nanggroe Aceh Darussalam itu juga dikenai sanksi denda sebesar Rp25 juta, yang harus dibayarkan paling lambat 21 September 2014. Bukan hanya itu, komdis juga memberikan hukuman denda kepada panitia pelaksana pertandingan Persija sebesar Rp75 juta. Denda tersebut harus dibayarkan paling lambat, 14 September.

"Panpel Persija melakukan tingkah laku buruk dan tidak patut karena penonton melakukan pelemparan botol dan menyalakan flare pada pertandingan Persija vs Persib pada tanggal 10 Agustus 2014," tulis Komdis, dalam rilis resmi mereka.

Komdis pun memberikan sanksi denda kepada Persija sebesar Rp10 juta lantaran lima pemain mereka mendapatkan kartu kuning saat laga Persija melawan PBR, 14 Agustus lalu. (ddy)


Data dan Fakta Hukuman Yang Pernah Diberikan Komdis Kepada Gonzales:

- Pada putaran kedua Liga Indonesia 2004, Christian Gonzalez memukul pengurus Persita Tangerang di Stadion Benteng. Dia dihukum setahun oleh Komdis PSSI, namun bisa merumput kembali ketika hukuman baru berjalan 6 bulan.

- Pada putaran final Liga Indonesia 2006, Christian Gonzalez menanduk penyerang PSIS Semarang, Emanuel de Porras. Dia dihukum sebanyak tiga pertandingan untuk itu, namun tidak pernah dijalankannya.

- Pada tahun 2007, dia meludahi wasit Hidayat ketika Persik Kediri dijamu Pelita Jaya. Dia dihukum sebanyak tiga pertandingan untuk itu, namun tidak pernah dijalankannya.

- Di babak delapan besar Liga Indonesia 2007, dia berkelahi dengan bek Persija Jakarta, Abanda Herman. Namun lagi-lagi hukuman tiga pertandingan yang didapatkannya tidak pernah dilaksanakan.

- November 2008, Komdis PSSI menjatuhkan hukuman kepada Gonzales larangan bermain selama 12 bulan karena memukul bek PSMS Medan, Erwinsyah Hasibuan ketika pertandingan Persik Kediri dengan PSMS Medan, 26 Oktober 2008. Dia didenda sebesar Rp75 juta.

- Februari 2009, dia dinyatakan boleh bermain untuk Persib Bandung setelah Ketua Umum PSSI Nurdin Halid memberikannya pengampunan.

- Agustus 2014, Kasus pemukulan kembali terjadi pada laga Arema kontra Sriwijaya FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (24/8) lalu. Kali ini bek SFC Abdoulaye Maiga sebagai korbannya.

Komentar

x