Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Desember 2017 | 05:12 WIB

Umpatan Ini Penyebab Pique Dapat Kartu Merah

Oleh : Boy Leonard Pasaribu | Selasa, 18 Agustus 2015 | 20:34 WIB
Umpatan Ini Penyebab Pique Dapat Kartu Merah
(Foto: as.com)
facebook twitter

INILAHCOM, Barcelona - Kartu merah yang diterima bek tengah Barcelona, Gerard Pique, menjadi kontroversi. Pasalnya, jarang sekali pemain yang mendapat kartu merah langsung hanya karena berargumen dengan hakim garis.

Barcelona kalah 1-5 dari Athletic Bilbao pada laga yang digelar dalam dua leg. Setelah tumbang 0-4 pada leg pertama akhir pekan lalu, Barcelona hanya mampu bermain imbang 1-1 pada leg kedua di Camp Nou, Selasa dini hari (18/8/15) WIB.

Asa Barcelona sempat menyala setelah gol Lionel Messi membawa Barcelona unggul 1-0 hingga babak pertama leg kedua berakhir. Sayang, daya serang Barca menurun setelah bek tengahnya, Gerard Pique, mendapat kartu merah karena beradu argumen dengan asisten wasit pada menit ke-56. Selang 18 menit setelah gol tersebut, Athletic menyamakan kedudukan lewat Aritz Aduriz.

Biasanya, hukuman yang diterima oleh seorang pemain yang terus beradu argumen dengan petugas pertandingan tanpa ada kontak fisik adalah kartu kuning. Namun bek berusia 28 tahun rupanya tak sekedar berargumen. Ia mengeluarkan umpatan yang sangat tidak senonoh kepada hakim garis.

"Pada menit ke-55, pemain (3) Gerard Pique dikartu merah karena sebab berikut: berteriak kepada asisten wasit: Me cago en tu puta madre"," demikian laporan pertandingan dari wasit Carlos Velasco Carballo seperti dikutip dari AS.

Dalam terjemahan bebas, kalimat tersebut berarti "Aku bercinta dengan ibumu". Hal ini tak hanya membuat Pique dikartu merah langsung, tetapi juga terancam hukuman larangan bertanding hingga 12 pertandingan.

Menurut pasal 94 Kode Disipliner La Liga, tindakan Pique bisa dikategorikan pelanggaran serius.

"Menghina, menyerang, atau tindakan apapun yang mencederai perilaku sopan santun kepada wasit akan mengakibatkan sanksi antara empat hingga 12 pertandingan," demikian bunyi pasal tersebut seperti dilansir AS.

Komentar

 
x