Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 Juli 2017 | 21:28 WIB

PSG Menang Telak 4-0 Dari Barcelona

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 15 Februari 2017 | 05:02 WIB
PSG Menang Telak 4-0 Dari Barcelona
(Foto: gettyimages)
facebook twitter

INILAHCOM, Paris - Paris Saint-Germain (PSG) secara mengejutkan mampu menundukkan Barcelona dengan skor telak 4-0 di leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa. Hasil tersebut membuat langkah El Barca semakin sulit di leg kedua.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Parc des Princes, Rabu (15/2/2017) dini hari WIB, Barca mendominasi penguasaan bola mencapai 59 persen berbanding 41 persen yang dilakukan PSG. Kendati demikian, PSG mampu bermain lebih efektif.

Ini terlihat dari total 12 shots yang mampu mereka lepaskan sepanjang laga dimana empat diantaranya berbuah gol. Sebaliknya, Barca yang unggul ball possession justru kesulitan membongkar barisan belakang PSG dan haya sekali melepaskan satu shot on goal.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, PSG bermain agresif sejak awal laga. Dalam kurun waktu 15 menit mereka sudah membuat dua peluang tepat sasaran masing-masing dari sepakan Blaise Matuidi di menit ke-11 serta Adrien Rabiot beberapa menit setelahnya.

Di menit ke-18 pelanggaran Samuel Umtiti kepada Angel Di Maria tepat di depan kotak penalti berbuah sepakan bebas. Di Maria yang mengambil kesempatan tersebut melepaskan sepakan melengkung ke pojok kiri atas gawang Barca yang gagal dijangkau kiper Marc-Andre Ter Stegen, PSG unggul 1-0.

Setelah kemasukan gol tersebut Barcelona baru mulai bereaksi. Mereka bermain lebih menekan, peluang pertama tim tamu didapat pada menit ke-27. Tinggal berhadapan dengan kiper, Kevin Trapp, Andre Gomes gagal meneruskan bola ke gawang.

Setelah peluang tersebut, Barca kesulitan mendapat peluang terbuka lainnya sampai akhirnya gawang mereka yang kemasukan gol kedua di menit ke-40.

Setelah menerima umpan dari Marco Verratti, Julian Draxler mampu menaklukkan kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, dengan tendangan mendatar ke arah tiang jauh. Gol tersebut menjadi gol debut Draxler di Liga Champions bersama PSG.

Unggul dua gol di babak pertama, PSG semakin nyaman dalam memulai babak kedua. Les Parisiens memanfaatkan masih lengahnya barisan belakang Barca di menit awal babak kedua.

Angel Di Maria menjauhkan keunggulan tuan rumah menjadi 3-0 di menit ke-55. Mendapat operan dari Layvin Kurzawa, Di Maria mencari ruang tembak di depan area penalti Barca. Ia melepaskan sepakan ke pojok kanan atas gawang yang gagal dijangkau Ter Stegen.

Tertinggal tiga gol membuat Barca semakin tertekan dan frustasi karena sulitnya mendapat peluang terbuka setelah Lionel Messi dan Luis Suarez dimatikan pergerakannya.

Sebaliknya, serangan balik PSG lagi-lagi membuat Barca terluka. Di menit ke-71 giliran Edinson Cavani yang mencetak gol. Menerima umpan terobosan dari Thomas Munier, Cavani yang mendapat pengawalan dari bek lawan mampu melepaskan sepakan keras dari jarak dekat yang meluncur mulus ke gawang lawan. Skor jadi 4-0.

Di sisa menit yang ada, PSG lebih bermain ke dalam untuk mengamankan hasil. Sampai peluit panjang dibunyikan skor 4-0 bagi keunggulan Barca tak berubah.

Dengan hasil ini semakin memberatkan langkah skuad asuhan Luis Enrique karena mereka harus bisa menang dengan selisih lima gol tanpa balas di leg kedua bila ingin melaju ke babak perempatfinal. Sebaliknya bagi PSG ini menjadi modal bagus melawat ke Nou Camp.

Susunan Pemain

PSG: 1-Kevin Trapp, 3-Presnel Kimpembe, 5-Marquinhos, 20-Layvin Kurzawa, 12-Thomas Meunier, 25-Adrien Rabiot, 14-Blaise Matuidi, 6-Marco Verratti (24-Christopher Nkunku 70'), 9-Edinson Cavani, 23-Julian Draxler (10-Javier Pastore 86'), 11-Angel Di Maria (7-Lucas Moura 61').

Barcelona: 1-Marc-Andre ter Stegen, 23-Samuel Umtiti, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba, 20-Sergi Roberto, 5-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta (4-Ivan Rakitic 74'), 21-Andre Gomes (12-Rafinha 58'), 9-Luis Suarez, 11-Neymar, 10-Lionel Messi.

 
Embed Widget

x