Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 24 Juli 2017 | 23:43 WIB

Bayern Munchen Pesta Gol ke Gawang Arsenal

Oleh : Dio Handrian | Kamis, 16 Februari 2017 | 05:59 WIB
Bayern Munchen Pesta Gol ke Gawang Arsenal
(Foto: GettyImages)
facebook twitter

INILAHCOM, Munchen - Bayern Munchen berpesta gol 5-1 dari tamunya, Arsenal. Kemenangan ini membuat peluang Munchen melaju ke babak selanjutnya semakin besar, sebaliknya bagi Arsenal peluang mereka lolos dari 16 besar sangat tipis.

Memainkan laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa di Allianz Arena, Kamis (16/2/2017) dini hari WIB, tuan rumah memegang kendali pertandingan dan memaksa Arsenal lebih banyak bertahan.

Hal ini terlihat dari penguasaan bola Die Roten yang mencapai 70 persen ditambah banyaknya jumlah tembakan yang mereka lepaskan kearah gawang Arsenal. Total 21 tembakan, 12 diantaranya mengarah ke gawang.

Pihak tuan rumah berhasil membuka keran gol mereka terlebih dahulu pada menit ke-11 lewat aksi Arjen Robben. Ia berhasil menyarangkan bola ke gawang Arsenal dengan tendangan keras ke sisi kiri atas gawang setelah menyusur sisi kanan lapangan dan melewati Francis Coquelin.

Tertinggal satu gol membuat Arsenal bermain lebih terbuka. Di menit ke-26, Mats Hummels melakukan pelanggaran pada Alexis Sanchez di dekat kotak penalti, membuat bek internasional Jerman tersebut diberikan kartu kuning oleh wasit yang juga memberikan tendangan bebas untuk tim tamu. Sayang, sepakan Mesut Ozil masih belum cukup baik untuk memperdaya Manuel Neuer.

Upaya Arsenal menyamakan kedudukan terwujud di menit ke-30. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Robert Lewandowski terhadap Laurent Koscielny di area penalti Munchen membuat wasit menunjuk titik 12 pas. Sepakan penalti Sanchez sempat digagalkan oleh Manuel Neuer, akan tetapi bola rebound mampu disambar Sanchez menjadikannya gol. Skor imbang 1-1.

Setelah gol tersebut pertandingan berjalan lebih menarik. Jual beli serangan pun dipertontonkan oleh kedua tim hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan.

Arsenal harus kehilangan Koscielny yang mengalami cedera saat babak kedua baru berjalan empat menit. Wenger menggantinya dengan memasukkan Gabriel Paulista. Inilah awal petaka bagi kubu Meriam London.

Tidak butuh waktu lama bagi para pemain munchen untuk membongkar pertahanan The Gunners yang ditinggalkan bek andalannya. Pada menit ke-53, Lewandowski berhasil membawa Munchen kembali unggul usai menyambut umpan matang Phillip Lahm.

Tujuh menit berselang, giliran Thiago Alcantara mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan tumit Lewandowski, Thiago melepaskan sepakan mendatar terukur melewati David Ospina, skor 3-1 bagi keunggulan Munchen. Pemain asal Spanyol itu pun mencetak gol keduanya di menit ke-64 setelah sepakan terukurnya gagal dibendung Ospina.

Thomas Muller yang masuk menggantikan Lewandowski di menit ke-87 mencetak gol penutup menjadikan skor 5-1 untuk keunggulan Die Roten. Setelah menerima umpan dari Thiago, Muller mengecoh dua pemain Arsenal dan langsung melepaskan tembakan keras ke pojok kiri gawang.

Hasil pada leg pertama ini membuat peluang Munchen ke babak selanjutnya semakin besar sebaliknya peluang Arsenal untuk lolos menjadi sangat kecil, mengingat mereka harus mengejar defisit empat gol saat ganti menjamu FC Hollywood pada leg kedua di Emirates Stadium pada 8 Maret mendatang.

Susunan Pemain

Bayern Munchen: 1-Manuel Neuer; 27-David Alaba, 5-Mats hummels, 21-Phillip Lahm, 11-Douglas Costa (32-Joshua Kimmich `84); 10-Arjen Robben (13-Rafinha `88), 8-Javi Martinez, 14-Xabi Alonso, 6-Thiago Alcantara, 23-Arturo Vidal; 9-Robert Lewandowski (25-Thomas Mueller `86).

Arsenal: 13-David Ospina; 3-Khierran Gibbs, 24-Hector Bellerin, 20-Shkodran Mustafi, 6-Laurent Koscielny(5-Gabriel Paulista `49);29- Granit Xhaka, 11-Mesut Ozil, 15-Alex Oxlade-Chamberlain, 34-Francis Coquelin (12-Olivier Giroud `77), 17-alex Iwobi(14-Theo Walcott `66); 7-Alexis Sanchez

 
Embed Widget

x