Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 17:21 WIB

Barca Sudah Siapkan Tiga Nama Pengganti Enrique

Oleh : Arif Budiwinarto | Sabtu, 18 Februari 2017 | 00:05 WIB
Barca Sudah Siapkan Tiga Nama Pengganti Enrique
(Foto: goal)
facebook twitter

INILAHCOM, Barcelona - Isu calon pengganti Luis Enrique sebagai pelatih baru Barcelona musim depan mulai mencuat. Ada tiga kandidat yang diyakini masuk dalam daftar suksesor Enrique.

Kontrak Enrique bersama Barcelona akan habis akhir musim ini. Namun, hingga berita ini diturunkan belum ada pembicaraan mengenai kontrak baru antara klub dan juru taktik 46 tahun.

Rumor yang berhembus, karier Enrique di Barcelona diyakini tidak akan berlanjut menyusul kekalahan memalukan 4-0 dari Paris Saint-Germain (PSG) di leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa.

Dilansir Goal, Barcelona sudah menyiapkan tiga nama potensial sebagai pengganti Enrique di awal musim depan, mereka diantaranya Ernesto Valverde, Eusebioa Sacristan dan Ronald Koeman.

Ernesto Valverde yang saat ini melatih Athletic Bilbao dinilai punya pengalaman lebih baik di La Liga ketimbang dua kandidat lainnya. Pria 53 tahun itu pernah menangani sejumlah klub La Li seperti Espanyol, Villareal, dan Valencia. Bersama Bilbao, Valverde hampir mendekati laga ke-300.

"saya menyukai caranya (Valverde) melatih. Ia adalah pelatih level dunia. Kami sudah melihat itu semua di tim yang pernah dilatihnya," kata Enrique.

Opsi kedua adalah Eusebio Sacristan. Saat masih menjadi pemain, Eusebio merupakan pemain kunci dalam skuad bertabur bintang di bawah asuhan Johan Cruyff antara musim 1998 dan 1995.

Sempat mengalami masa sulit di kursi pelatih Barcelona B, Eusebio mampu membuktikan kualitasnya bersama Real Sociedad yang saat ini berada di lima besar klasemen sementara.

"Eusebio adalah pelatih yang sangat siap. Ia membagi 100 persen ide sepakbola Barcelona," pujian Enrique saat Barca melawat ke kandang Sociedad pada November lalu.

Nama ketiga adalah Ronald Koeman. Namanya tak asing lagi bagi Barcelona karena pernah menjadi bagian sukses tahun 1992 dengan menjuarai Liga Champions pertama Barca.

Setelah dua musim melatih Southampton, Koeman musim ini dipercaya menangani skuad Everton. Dalam sebuah pernyataannya, pelatih 53 tahun sempat mengindikasikan keinginannya kembali ke Katalunya.

"Saya jatuh cinta dengan Barcelona, hidup di sini fantastis. Itu menjadi periode paling baik dalam karier bermain saya. Tetapi Everton? Saya senang berada di sini," ujarnya.

Meski peluang Lionel Messi dkk di Liga Champions Eropa terbilang berat, mereka berkesempatan meraih trofi Copa del Rey karena sudah memastikan satu tempat di laga final kontra Alaves.

Sedangkan di La Liga, hingga pekan ke-22 mereka masih berada di posisi ke-dua dan hanya berselisih satu poin dari Real Madrid di puncak klasemen yang masih mengantongi dua laga sisa.

 
Embed Widget

x