Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 23:56 WIB

Langkah Guardiola yang Bikin Pertahanan City Buruk

Oleh : Dio Handrian | Selasa, 28 Februari 2017 | 09:40 WIB
Langkah Guardiola yang Bikin Pertahanan City Buruk
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola - (Foto: GettyImages)
facebook twitter

INILAHCOM, Manchester - Mantan kiper Arsenal, Bob Wilson, menyayangkan keputusan pelatih Manchester City, Pep Guardiola, untuk meminjamkan Joe Hart ke Torino. Menurutnya, kubu Manchester Biru kini kehilangan sosok pemimpin, khususnya di lini pertahanan.

Meski baru melatih City di musim 2016/17, pelatih 46 langsung melakukan keputusan mengejutkan dengan menyingkirkan Hart yang sudah menjadi kiper nomor satu City selama enam musim (2010/11-2015/16). Sebagai gantinya, ia mendatangkan Claudio Bravo dari Barcelona.

Alasan Guardiola menyingkirkan kiper 29 tahun karena gaya bermain Hart dinilai tidak sesuai dengan permainan yang ingin diterapkannya di skuad City.

Keputusan tersebut seakan menjadi blunder bagi The Citizens karena penampilan Bravo menjaga mistar gawang City kurang meyakinkan. Dari 19 penampilannya bersama The Citizens di Liga Premier Inggris, kiper kebangsaan Cile hanya mampu mencatatkan empat cleansheet.

Ketidakmampuan Bravo memberikan penampilan terbaiknya membuat Guardiola membangkucadangkannya dan memilih Willy Caballero sebagai pilihan pertama dalam beberapa pertandingan terakhir. Bravo bahkan tidak diturunkan saat Manchester City menang 5-3 atas AS Monaco di Etihad Stadium, Rabu (22/2/2017), dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa.

Wilson pun mengutarakan pendapatnya terkait situasi yang tengah dihadapi City. Ia menilai ketidakmampuan Bravo memimpin para pemain belakang The Citizens adalah penyebab utama rapuhnya pertahanan mereka.

"Memiliki seorang kiper yang bisa memimpin akan sangat membantu karena ia melihat semuanya dari belakang," tutur pria 75 tahun kepada Omnisport.

"Guardiola membuat keputusan yang salah saat meminjamkan Hart. Manchester City masih menjadi tim yang hebat, namun jika saya melihat dua kiper City sekarang, saya heran dengan keputusan Guardiola," pungkasnya.

Sumber: Goal

 
x