Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 22:24 WIB

Kalahkan MFC, Barito Putera Masih Butuh Perbaikan

Oleh : - | Minggu, 5 Maret 2017 | 08:33 WIB
Kalahkan MFC, Barito Putera Masih Butuh Perbaikan
Pelatih PS Barito Putera Jacksen F. Tiago - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Banjarmasin - Sukses mengandaskan Martapura Football Club (MFC) 2-0 pada laga bertajuk Derby Banua di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Sabtu (4/3/2017) sore, tak membuat pelatih PS Barito Putera Jacksen F. Tiago merasa puas. Ia melihat ada beberapa hal yang masih perlu dibenahi di tim besutannya.

Disaksikan lebih dari 4.000 pendukung setianya, Barito Putera membuka keunggulan lewat gol cepat striker mudanya, Agi Pratama, saat pertandingan baru memasuki menit kedelapan. Memanfaatkan tendangan sudut playmaker asal Argentina, Matias Cordoba, sundulan Agi berhasil menaklukkan kiper Martapura FC, Juni Irawan.

Gol kedua Laskar Antasari, julukan Barito Putera, dicetak oleh gelandang David Laly menit ke-74. Pemain tengah yang sebelumnya merumput di Persib Bandung itu melepas tembakan di kotak 16. Bola meluncur ke pojok kiri atas gawang dan gagal ditepis oleh kiper pengganti MFC, Ali Budi Raharjo.

Dalam jumpa pers seusai laga, Jacko mengevaluasi setidaknya ada tiga hal yang perlu dibenahi di timnya.

"Pressure ke lawan yang menguasai bola masih lambat. Sektor kiri permainan juga kurang berkembang. Yang paling mencolok adalah kami kurang menguasai permainan, penguasaan bola kurang dan justru pemain lawan lebih terlihat ngotot," kata Jacko, panggilan akrab pelatih asal Brasil itu.

Meladeni MFC yang tahun ini bakal berlaga di kompetisi Liga 2, Barito Putera tidak diperkuat dua bintang mudanya, Hansamu Yama dan Paulo Sitanggang. Hal menarik yang bisa dicatat pada laga tersebut yakni perubahan posisi Gavin Kwan Adsit, pemain muda yang sebelumnya bergabung di Pusamania Borneo FC.

Jika sebelumnya Gavin biasa dimainkan di posisi gelandang dan terkadang juga ikut memperkuat barisan pertahanan, kali ini oleh Jacko dia dimainkan sebagai penyerang.

"Memang Gavin tidak mencetak gol, tapi dia tampil luar biasa dan kerap merepotkan pemain belakang lawan. Saya beri dua jempol untuk penampilannya," lanjut Jacko.

Terpisah, pelatih MFC Frans Sinatra Huwae mengatakan tim asuhannya saat ini masih dalam tahap persiapan awal. Tim berjuluk Laskar Sultan Adam ini bertandang ke Banjarmasin membawa 19 pemain.

"Untuk melakoni Liga 2, minimal kami masih butuh tiga pemain lagi, khususnya di posisi wing back," ujar pelatih yang pernah memperkuat Barito Putera di Divisi Utama Liga Indonesia 1994/1995 itu.

Menurut Frans, kekalahan dari Barito Putera ini jadi pelajaran berharga bagi anak-anak asuhnya.

"Bahwa sepakbola itu tidak hanya mengandalkan kekuatan fisik, tapi juga harus ditunjang skill dan visi bermain yang bagus. Hasil ini pasti kami evaluasi untuk membenahi kinerja tim." Setelah bertandang ke Stadion 17 Mei Banjarmasin, pada Rabu (8/3/2017) mendatang giliran MFC akan menjamu Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Martapura.

Komentar

 
x