Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 29 Juni 2017 | 07:23 WIB

Roma Tumbang di Kandang Lyon

Oleh : Dio Handrian | Jumat, 10 Maret 2017 | 05:02 WIB
Roma Tumbang di Kandang Lyon
(Foto: gettyimages/Jean Catuffe)
facebook twitter

INILAHCOM, Lyon - AS Roma harus pulang dengan kepala tertunduk usai dikalahkan Olympique Lyonnais dengan skor 4-2 di laga leg pertama babak 16 besar Liga Europa.

Dalam laga yang digelar di Parc Olympique Lyonnais, Jumat (10/3/2017) dini hari WIB, kedua tim saling mempertunjukkan permainan terbuka. Terlihat dari statistik, kedua kubu berbagi penguasaan bola yang hampir seimbang, yaitu Lyon 52 persen berbanding Roma 48 persen.

Selain itu, kedua tim pun sama sama mendapatkan banyak peluang melepaskan tembakan. Lyon tercatat melakukan 15 shots dimana 11 diantaranya on target, sedangkan Roma melepaskan 13 shots yang sembilan diantaranya tepat sasaran.

Lyon unggul cepat di menit kedelapan. Rafael berhasil mengarahkan bola tendangan bebas Mathieu Valbuena ke arah Mouchtar Diakhaby yang mendapatkan ruang untuk melepaskan tendangan. 1-0 Lyon memimpin.

Para pemain Roma berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-20. Berawal dari kesalahan Diakhaby yang kehilangan keseimbangan saat ingin menghalau bola umpan Federico Fazio, Mohamed Salah berhasil mengontrol bola. Salah kemudian memperdaya kiper Lyon, Anthony Lopes, dan melesakkan bola ke gawang. 1-1 Roma menyamakan kedudukan.

Menit ke-33, giliran Fazio yang mencatatkan namanya di papan skor. Umpan silang Daniele De Rossi dari sisi kanan lapangan berhasil disambut Fazio dengan kepalanya. 2-1 Roma berbalik unggul. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Dua menit babak kedua berjalan, publik tuan rumah kembali bersorak karena Corentin Tolisso berhasil cetak gol penyama kedudukan, hasil kerjasamanya dengan Alexandre Lacazette. 2-2 skor kembali imbang.

Lyon berhasil membalikkan keadaan di menit ke-74. Nabil Fekir yang masuk menggantikan Emanuel Mammana di menit ke-71 berhasil melepaskan sepakan terukur melewati kiper Allison Becker. 3-2 tuan rumah memimpin.

Gol penutup laga dicetak Lacazette di menit ke-92. Valbuena mengirimkan umpan matang kepada penyerang 25 tahun yang kemudian melepaskan sepakan keras yang tak mampu dibendung Allison. Skor 4-2 untuk kemenangan tuan rumah bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Dengan kemenangan tersebut, Lyon berhasil memperlebar kesempatan mereka untuk melaju ke babak perempatfinal Liga Europa.

Sedangkan bagi anak asuh Luciano Spalletti, asa untuk lolos ke babak perempatfinal masih terbuka karena mencetak dua gol tandang yang bisa mereka manfaatkan pada leg kedua yang akan berlangsung di markas Roma, Stadion Olimpico, 17 Maret mendatang. Meski demikian, mereka tetap harus mengejar defisit dua gol.

Susunan pemain:

Lyon (4-3-3): Lopes; Rafael (Jallet 46`), Mammana (Fekir 71`), Diakhaby, Morel; Tolisso, Gonalons, Tousart; Ghezzal (Cornet 74`), Lacazette, Valbuena

Roma (3-4-3): Alisson; Manolas, Fazio, Juan Jesus; Bruno, De Rossi (Paredes 82`), Strootman, Emerson; Nainggolan (Perotti 85`), Dzeko (El Shaarawy 90`), Salah

Tags

 
Embed Widget

x