Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 22:46 WIB

Kang Emil Puji Sikap Bobotoh di Piala Presiden

Oleh : Nandang Permana Sidik | Minggu, 12 Maret 2017 | 14:10 WIB
Kang Emil Puji Sikap Bobotoh di Piala Presiden
(Foto: inilahcom/Nandang PS)
facebook twitter

INILAHCOM, Bogor - Wali kota Bandung, Ridwan Kamil, mengapresiasi Bobotoh yang mampu tertib mendukung Persib Bandung bertanding dari semifinal sampai babak final.

Ridwan Kamil menyaksikan langsung pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Presiden 2017 di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (11/3/2017) malam WIB. Persib keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Semen Padang dengan skor tipis 1-0 berkat gol tunggal Atep di babak pertama.

Selain orang nomor satu di Kota Bandung itu, hadir pula Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2017, Maruarar Sirait, Kapolda Jawa Barat, Irjen Anton Charliyan.

Ridwan Kamil sangat mengapresiasi gelaran Piala Presiden 2017 ini. Menurutnya, sepak bola merupakan media untuk merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Maka itu, ia berharap dengan adanya Piala Presiden mengisi kekosongan jeda sebelum liga utama digelar. Selain itu, kata Kang Emil Piala Presiden juga menjadi cara untuk meningkatkan kualitas pemain sepakbola nasional.

Dia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh Bobotoh yang secara sportif menerima kekalahan saat melawan Pusamania Borneo FC (PBFC) dengan tidak melakukan aksi-aksi anarkis.

"Kecintaan Persib tidak hanya saat menang. Tapi saat kalah juga harus mengapresiasi dengan cara yang santun," katanya.

Menurutnya sikap santun dan sportif menerima kekalahan merupakan hasil edukasi yang selama tiga tahun ia lakukan. Baik secara langsung maupun melalui media sosial.

"Alhamdulillah selama setahun terakhir ini perilaku dan ucapan mereka berubah lebih terarah. Sehingga meskipun kalah saat semifinal mereka tetap tertib dan tidak anarkis," jelasnya.

Lebih lanjut perubahan sikap yang telah dilakukan Bobotoh juga telah dilakukan. Khususnya saat final Piala Presiden tahun lalu yang digelar di Jakarta dengan meminta izin kepada The Jakmania. Dengan sikap santun ini terbukti tidak ada kerusuhan antara Bobotoh dan The Jack.

"Mengubah kultur sopan dan santun kita terus lakukan. Menang kalah Persib harus tetap tertib," katanya.

 
x