Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 1 Mei 2017 | 13:05 WIB

Jacksen Puas Barito Bisa Kalahkan Kalteng Putra

Oleh : Arif Budiwinarto | Minggu, 19 Maret 2017 | 23:56 WIB
Jacksen Puas Barito Bisa Kalahkan Kalteng Putra
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Banjarmasin Sempat tertinggal terlebih dahulu dari Kalteng Putra FC, Barito Putera mampu bangkit dan membalikkan keadaan dengan meraih kemenangan 3-1 dalam pertandingan ujicoba.

Bermain di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Minggu (19/3/2017) sore WIB, Barito yang didukung lebih dari 40 ribu penonton mengawali laga dengan tempo sedang. Mungkin lantaran lawan yang dihadapi sebelumnya pernah dikalahkan 2-0 pada perjumpaan di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Minggu (12/3/2017) pekan sebelumnya.

Kejutan terjadi ketika sang tamu membuka skor lewat sontekan Rifaldi Bawuo di menit ke-1 babak pertama. Dalam situasi tertinggal, pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago langsung mengubah strategi. Ia memasukkan pemain sayap berpengalaman Dedy Hartono untuk meningkatkan gempuran ke pertahanan lawan.

Hasilnya, pada menit kd-35 Dedy Hartono berhasil menjebol gawang Kalteng Putra yang dikawal mantan kiper nasional Galih Sudaryono. Memasuki babak kedua, bintang Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 Rizky Rizaldi Pora sukses mengeksekusi tendangan penalti, menyusul dijatuhkannya Dedy Hartono di dalam kotak 16 Kalteng Putra.

Laskar Antasari menutup pesta kemenangannya melalui aksi gelandang impor asal Argentina, Matias Cordoba, yang pada laga tersebut bermain sangat kompak dengan Amirul Mukminin.

Seusai laga, asisten pelatih Kalteng Putra, Parlin Siagian, mengaku dirinya puas kendati anak-anak asuhnya kalah.

"Kami datang ke Banjarmasin bukan mencari menang atau kalah, tetapi menimba pengalaman dari tim yang levelnya di atas kami. Saya lihat permainan anak-anak semakin berkembang. Namun harus diakui mereka masih kurang percaya diri, terlalu mudah kehilangan bola. Inilah yang akan kami jadikan bahan evaluasi menjelang kompetisi Liga 2," kata Parlin.

Sementara Jacksen F. Tiago mengatakan ada perubahan signifikan pada timnya antara babak pertama dengan babak kedua.

"Di babak kedua anak-anak bermain lebih menekan. Ini poin positif untuk menghadapi Liga 1, apalagi Kalteng Putra menampilkan permainan yang berbeda dibandingkan dengan ketika bermain di Palangkaraya," ujar juru taktik kelahiran Brasil tersebut.

Mengenai tidak diturunkannya striker baru dari Brasil, Thiago dos Santos Cunha, ia menegaskan sang pemain baru tiga hari ini bergabung di Barito Putera dan membutuhkan waktu untuk mengembalikkan kondisi kebugarannya.

"Dia baru saja terbang selama 36 jam dari Brasil ke sini, tentu staminanya belum pulih. Satu hal lagi, Thiago didatangkan untuk Liga 1. Kalau saya paksakan turun, risikonya malah rentan cedera. Itu yang saya hindari," tegas Jacksen.

x