Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 27 Juni 2017 | 20:56 WIB

Taati Regulasi PSSI Barito Putera Bubarkan Tim U21

Oleh : - | Selasa, 21 Maret 2017 | 05:35 WIB
Taati Regulasi PSSI Barito Putera Bubarkan Tim U21
Manajer Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman - (Foto: inilahcom/Dok)
facebook twitter

INILAHCOM, Banjarmasin Demi menaati regulasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), manajer Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, akhirnya membubarkan tim usia 21 tahun (U-21).

Diwakili Asisten Manajer Syarifuddin Ardasa, pembubaran dilakukan seusai latihan rutin di markas Laskar Antasari (julukan Barito Putera,red) Stadion 17 Mei Banjarmasin, Senin (20/3/2017) petang.

"Ya, dengan berat hati tim U-21 kami bubarkan, sebagai opsi dari ketaatan terhadap regulasi yang diterbitkan PSSI, bahwa kompetisi U-21 ditiadakan dan sebagai gantinya akan digelar kompetisi U-19. Padahal tim yang sudah terbentuk ini hasil seleksi dari 600-an pendaftar yang berminat menjadi bagian dari tim Barito Putera junior," kata Ardasa seusai secara resmi membubarkan tim.

Bagi Barito Putera, terbitnya regulasi baru PSSI tersebut sebenarnya tak menimbulkan masalah besar. Pasalnya, sejak jauh-jauh hari klub yang didirikan oleh almarhum H. Abdussamad Sulaiman HB ini sudah menyiapkan dua tim sebagai pelapis tim senior yang kini diarsiteki pelatih asal Brasil, Jacksen Ferreira Tiago.

"Kami punya tim A yang bermaterikan pemain U-21 dan tim B yang berisikan pemain U-19. Ini untuk pembinaan jangka panjang. Cuma yang menjadi masalah, ada 13 pemain U-21 yang terpaksa harus dilepas karena secara usia tak bisa masuk tim U-19. Semoga mereka bisa ditampung oleh klub-klub yang bermain di Liga 3 atau Liga Nusantara," harap Ardasa.

Menurut Ardasa, 13 pemain U-21 yang dilepas Barito Putera itu sebagian baru tahap prakontrak dan sisanya sudah siap dikontrak. Karenanya mereka sudah menjalani latihan secara reguler tiga kali dalam sepekan. Ardasa menegaskan pihaknya optimistis akhir Maret ini juga Barito Putera sudah punya tim U-19.

"Kerangka timnya sudah ada, tinggal melengkapi beberapa kekurangan di sana-sini. Kami masih punya data base hasil seleksi pemain yang dilakukan pada November tahun lalu. Mayoritas pemain lokal. Kami targetkan akhir Maret mendatang tim sudah siap dan mulai melakukan latihan rutin," ia menambahkan.

Mengenai kemungkinan penambahan amunisi untuk memperkuat tim senior, Ardasa tak menampiknya. Hal tersebut dinilai penting untuk mengantisipasi kekosongan menyusul pemanggilan empat penggawa Barito Putera ke timnas yaitu Hansamu Yama Pranata, Paulo Sitanggang, Nazar Nurzaidin dan kiper Muhammad Riyandi yang dipanggil mengikuti seleksi timnas U-19.

"Jika keempat pemain itu permanen di timnas, kami sudah siap melakukan regenerasi. Sebab sesuai regulasi, setiap pemain yang masuk timnas boleh diganti keberadaannya di klub, tanpa menghapus status klub pemain bersangkutan. Karenanya kami juga sudah punya rencana semisal Riyandi sebagai kiper ketiga tim nantinya lolos seleksi," tutup Ardasa.

 
Embed Widget

x