Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 20:08 WIB

Teknologi VAR Hilangkan Sedikit Dinamika Sepakbola

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 30 Maret 2017 | 16:34 WIB
Teknologi VAR Hilangkan Sedikit Dinamika Sepakbola
Antoine Griezmann - (Foto: GettyImages)
facebook twitter

INILAHCOM, Paris - Antoine Griezmann angkat bicara mengenai penggunaan video pembantu wasit (Video Assistant Referee/VAR) yang sudah mulai digunakan di pertandingan internasional.

Dalam pertandingan persahabatan Prancis kontra Spanyol di Stade de France, Rabu (29/3/2017) kemarin, VAR memperlihatkan peran vitalnya. Pertama, saat terjadinya gol Griezmann yang dianulir karena terlebih dahulu berada dalam posisi offside.

Kedua, VAR membantu wasit dalam mengesahkan gol Gerard Deulofeu yang membuat Spanyol menang 2-0. Gol winger pinjaman AC Milan itu sempat jadi perdebatan selama beberapa menit karena ada perbedaan keputusan antara wasit utama dan hakim garis.

Hakim garis mengangkat bendera yang menandakan Deulofeu berada dalam posisi offside saat menerima umpan dari Jordi Alba, tetapi setelah melihat tayangan lambat menggunakan VAR wasit memutuskan pemain 26 tahun dalam posisi onside.

Griezmann mendukung penggunaan VAR untuk mengurangi kesalahan yang mungkin memicu kontroversi, tetapi ia sedikit menyayangkan masuknya teknologi di sepak bola sedikit menghilangkan dinamika dalam sebuah pertandingan sepak bola.

"Kami harus belajar dengan sistem tersebut hari ini. Ini disayangkan karena Anda kehilangan sedikit dari pertandingan sepak bola," kata pemain Atletico Madrid.

"Fans Prancis pasti tidak senang dengan sistem tersebut tetapi fans Spanyol pasti suka, tetapi jika VAR membantu wasit, itu akan lebih baik."

"Hal terburuknya adalah Anda harus menunggu. Saya sudah berselebrasi tetapi kemudian itu tidak dianggap sah. Deulofeu harus menunggu untuk berselebrasi, tetapi seperti itulah adanya," ia memungkasi.[rza]

Sumber: Marca

 
x