Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 22:46 WIB

Hatrik Ronaldo Antar Madrid ke Semifinal

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 19 April 2017 | 04:15 WIB
Hatrik Ronaldo Antar Madrid ke Semifinal
(Foto: gettyimages)
facebook twitter

INILAHCOM, Madrid - Real Madrid harus bermain hingga extra time untuk memastikan tiket ke semifinal. Hatrik Cristiano Ronaldo membawa Madrid berhasil mengalahkan Bayern Munchen dengan skor 4-2.

Dalam pertandingan yang digelar di Estadio Santiago Bernabeu, Rabu (19/4/2017) dini hari WIB, statistik mencatat Bayern Munchen lebih dominan dalam penguasaan bola mencapai 52 persen berbanding 48 persen dilakukan tuan rumah.

Tetapi, Madrid lebih efektif dalam melepaskan percobaan ke gawang. Dari 22 attempts, ada 11 yang on target. Sedangkan Munchen hanya bisa memproduksi tiga shots on goal dari total 13 shots.

Dua kali tertinggal di waktu normal, Madrid berhasil mencetak tiga gol di extra time. Dengan kemenangan 4-2, Madrid lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 6-3.

Jalannya Pertandingan

Bayern Munchen mengambil inisiatif menyerang sejak menit awal babak pertama guna mencari gol cepat dan memberikan shock therapy untuk tuan rumah.

Arjen Robben mendapat peluang di menit kesembilan. Berada bebas di area penalti, sepakam Robben memaksimalkan bola liar masih bisa diblok barisan belakang Madrid.

Empat menit kemudian, Munchen kembali mengancam gawang Madrid. Kali ini percobaan Arturo Vidal dari luar kotak penalti belum mengarah ke gawang.

Madrid yang terus ditekan baru bisa keluar menyerang selepas menit ke-20. Menit ke-23, Marcelo mengirimkan umpan lambung ke area penalti, bola disundul Karim Benzema tetapi belum menghasilkan ancaman berarti.

Tiga menit berselang, Dani Carvajal mendapat ruang cukup bebas melepaskan sepakan yang masih bisa diamankan oleh Manuel Neuer.

Peluang terbaik Madrid di babak pertama didapat Sergio Ramos dua menit berselang dari peluang Carvajal. Ramos menyambar bola liar yang berada jauh dari jangkauan Neuer. Beruntung bola masih bisa dibendung Jerome Boateng sebelum masuk ke gawang.

Menit ke-35, Toni Kroos melewatkan kesempatan bagus untuk membawa timnya unggul. Mendapat ruang bebas di depan kotak penalti Munchen, bola kirimannya masih melambung.

Pun demikian dengan peluang keduanya yang masih tepat di tangkapan Neur di akhir babak pertama.

Di awal babak kedua, Madrid yang terlebih dahulu mengancam gawang Munchen. Sepakan Isco di menit ke-50 masih melambung.

Munchen tak mau kalah, mereka meresponnya dengan umpan silang Alaba yang disambut sepakan Robben. Bola masih bisa disapu Marcelo sebelum melewati garis.

Menit ke-53 tim tamu mendapat hadiah penalti setelah Robben dijatuhkan Marcelo di area penalti. Robert Lewandowski yang maju sebagai eksekutor berhasil mengecoh Keylor Navas. 0-1 Munchen memimpin.

Usai gol tersebut, Munchen semakin tregginas menyerang pertahanan Madrid. Menit ke-62, sepakan Thiago dari luar kotak penalti menyambut umpan Lahm masih melambung tinggi.

Meski unggul 0-1, Munchen merasa belum aman. Carlo Ancelotti pun memasukkan Douglas Costa untuk menambah daya serang. Masuknya Costa membuat alur serangan Die Roten lebih hidup, ia saling bertukar posisi dengan Robben di sisi sayap.

Asik menyerang, lini belakang Munchen lengah dan meninggalkan celah di menit ke-76. Kecerdikan Casemiro melihat Ronaldo yang berdiri bebas diantara dua bek Munchen menghasilkan gol penyeimbang. Bola umpan lambung Casemiro disambut sundulan Ronaldo ke pojok kiri gawang Neuer. Skor 1-1 menjadikan agregat 3-2 untuk Madrid.

Sayang, hasil imbang hanya bertahan satu menit. Munchen berhasil mencetak gol kedua akibat gol bunuh diri Sergio Ramos. Berupaya memotong bola umpan silang dari sayap kiri, bola mengenai badan Ramos dan masuk ke gawang. Skor 1-2 untuk Munchen, agregat imbang 3-3.

Upaya Munchen untuk mengejar satu gol lagi terasa berat setelah Vidal menerima kartu kuning kedua di menit ke-84 setelah dianggap melakukan tekel berbahaya kepada Casemiro.

Bermain dengan sepuluh orang di sisa menit yang ada, Munchen berupaya menumpuk banyak pemain di area permainan sendiri. Hingga peluit akhir berbunyi skor 1-2 tak berubah. Dengan agregat imbang, laga harus berlanjut ke extra time.

Di menit awal extra time pertama, Madrid yang unggul jumlah pemain malah tertekan. Tetapi, perlahan namun pasti mereka mampu keluar menyerang.

Keunggulan jumlah pemain membuat pemain Madrid leluasa menjelajah sepertiga area permainan Munchen. Menit ke-104, publik Santiago Bernabeu bergemuruh menyambut gol penyeimbang yang dicetak Ronaldo. Menerima umpan lambung Ramos, Ronaldo mengontrol bola dengan dada sebelum menaklukkan Neuar dari jarak dekat. Skor imbang 2-2.

Di extra time kedua, Los Blancos semakin leluasa mengeksploitasi barisan belakang Munchen yang naik terlalu tinggi membantu serangan.

Ronaldo membuat hatrik di menit ke-109. Berawal dari aksi solo run Marcelo melewati tiga bek Munchen. Ia kemudian mengirimkan umpan pendek kepada Ronaldo di depan gawang, tanpa kesulitan CR7 mencetak gol ketiganya, skor jadi 3-2.

Marco Asensio menutup kemenangan 4-2 Madrid di menit ke-112. Asensio berhasil memenangi duel dengan Hummels sebelum melepaskan sepakan menyilang ke tiang jauh yang gagal dihentikan Neuer.

Susunan Pemain

Real Madrid: Navas; Carvajal, Nacho, Ramos, Marcelo; Modric, Casemiro, Kroosn (Kovacic 114'); Isco (Vazquez 71'), Benzema (Asensio 64'), Ronaldo

Bayern Munchen: Neuer; Lahm, Boateng, Hummels, Alaba; Alonso (Muller 75'), Vidal, Thiago; Robben, Ribery (Douglas Costa 71'), Lewandowski (Kimmich 88')

 
Embed Widget

x