Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 27 Juli 2017 | 05:35 WIB

Empat Tim yang Lolos ke Semifinal Liga Europa

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 21 April 2017 | 06:34 WIB
Empat Tim yang Lolos ke Semifinal Liga Europa
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Liga Europa sudah merampungkan babak perempatfinal, Jumat (21/4) dini hari WIB. Tak ada kejutan berarti, Manchester United seperti yang diprediksi bisa melangkah ke semifinal. Berikut tim-tim yang lolos ke empat besar.

Manchester United

Menjamu Anderlecht di Old Trafford, Manchester United bermodalkan satu gol tandang setelah bermain imbang 1-1 di leg pertama. Setan Merah memastikan langkah ke semifinal setelah meraih kemenangan 2-1 di leg kedua.

MU membuka keunggulan di menit kesepuluh, Henrikh Mkhitaryan yang mendapat operan di dalam kotak penalti melepaskan sepakan keras ke pojok kanan bawah yang gagal dibendung kiper lawan. Tetapi, tim tamu mampu menyamakan skor di menit ke-32 lewat gol Soffiane Hanni.

Dengan skor imbang 1-1 hingga waktu normal, kedua tim harus berlanjut ke extra time. MU memastikan kemenangan setelah Marcus Rashford mencetak gol di menit ke-107. The Red Devils unggula agregat 3-2 untuk memastikan langkah ke babak semifinal.


Celta Vigo

Celta Vigo menjadi wakil Spanyol di semifinal Liga Europa. Di pertemuan pertama, mereka menang tipis 3-2 dari Genk. Tiga gol tuan rumah dicetak Pione Sisto (15'), Iago Aspas (18') dan John Guidetti (38'), sedangkan dua gol Genk dibuat Jean-Paul Boetius (10') dan Thomas Buffel (67').

Di leg kedua yang dimainkan di kandang Genk, Luminus Arena, Celta mampu memaksakan hasil imbang 1-1. Celta unggul terlebih dahulu berkat gol Pione Sisto di menit ke-63.

Tuan rumah menyamakan skor empat menit berselang berkat gol dari Leandro Trossard. Skor 1-1 bertahan hingga usai menjadikan agregat 4-3 untuk keunggulan Celta Vigo.


Ajax Amsterdam

Ajax Amsterdam berhasil melewati hadangan Schalke berkat keunggulan agregat 3-4. Di leg pertama, Ajax yang main di kandang menang 2-0 berkat dua gol Davy Klassen (pen 23', 52').

Lalu, di pertemuan kedua yang dihelat di Veltins Arena, kedua tim harus bermain sampai extra time. Schalke berhasil mengalahkan Ajax yang bermain dengan 10 orang sejak menit ke-80 dengan skor akhir 3-2.

Unggul 3-0 sampai menit ke-102 berkat gol Leon Goretzka (53'), Guido Burgstaller (56') serta Daniel Caligiuri (101), Schalke malah kemasukan dua gol dari Nick Viergever (111') serta Amin Younes (120'). Meski kalah 3-2, Ajax tetap melangkah ke semifinal berkat keunggulan agregat 3-4.

Lyon

Lyon tampil impresif saat menghadapi Besiktas di leg kedua. Bertamu ke Vodafone Arena, mereka meraih kemenangan 7-6 lewat adu penalti setelah kalah 2-1 hingga extra time. Besiktas unggul 1-0 berkat gol Anderson Talisca di menit ke-27.

Kemudian disamakan oleh Alexandre Lacazette di menit ke-34. Tuan rumah kembali unggul di menit ke-58 berkat gol kedua Tolisca. Hingga akhir waktu normal, hasil 2-1 tak berubah, agregat sama imbang 3-3 dan harus berlanjut ke extra time.

Tetapi, setelah 2x15 menit kedua tim tak ada yang menambah gol sehingga harus diselesaikan lewat adu penalti. Lima penendang pertama kedua tim berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, tetapi, di penendang ketujuh baik Lyon dan Besiktas sama-sama gagal mencetak gol. Akhirnya Lyon berhasil mengunci kemenangan 7-6 lewat adu penalti.

Sebelumnya, di leg pertama, Lyon mengantongi kemenangan 2-1 di Stade des Lumieres. Sempat tertinggal terlebih dahulu berkat gol Ryan Babel (15'), Lyon bangkit dan berbalik unggul melalui gol Corentin Tolisso (83') dan Jeremy Morel (85').


 
x