Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 28 April 2017 | 05:38 WIB

Lewat Babak Tambahan, MU Lolos ke Semifinal

Oleh : Reza Adi Surya | Jumat, 21 April 2017 | 04:37 WIB
Lewat Babak Tambahan, MU Lolos ke Semifinal
(Foto: gettyimages)
facebook twitter

INILAHCOM, Manchester - Manchester United melaju ke semifinal Liga Europa usai mengalahkan Anderlecht 2-1, Jumat (21/4/2017) dini hari WIB setelah melalui perjuangan keras selama 120 menit.

Selama waktu normal 90 menit, skor kedua tim imbang 1-1. Dengan agregat 2-2, pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit. MU lolos ke semifinal dengan agregat 3-2.

Jalannya pertandingan

Anderlecht nyaris membuat Old Trafford terdiam di menit ketiga. Tendangan jarak jauh dilepaskan Dendoncker. Beruntung, bola masih sedikit melenceng di atas mistar gawang MU.

MU berhasil unggul terlebih dulu di menit ke-10. Memanfaatkan umpan pendek Rashford dari sisi kanan pertahanan Anderlecht, sepakan mendatar Mkhitaryan dari dalam kotak penalti mengoyak gawang Anderlecht.

Dua menit berselang, MU nyaris menggandakan keunggulan. Sepak pojok yang dilepaskan Mkhitaryan ditanduk Pogba ke pojok kiri atas. Tapi, bola masih bisa ditepis kiper Anderlecht, Ruben.

Satu menit kemudian, kembali peluang didapat tuan rumah. Kali ini tendangan melengkung Lingard mengarah ke pojok kiri gawang. Lagi-lagi Ruben tampil apik dengan menepis bola.

Tim tamu hampir menyamakan skor di menit ke-21. Bailly dan Rojo berusaha menghentikan Acheampong, tapi gagal. Acheampong melaju ke kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan Romero. Beruntung bagi MU, sepakan Acheampong masih melebar di kiri gawang.

Anderlecht mendapatkan momentum. Mereka mulai menguasai pertandingan dan menciptakan beberapa peluang, seperti yang terjadi di menit ke-27. Tendangan keras dilepaskan Dendoncker dari dalam kotak penalti, tapi masih bisa dimentahkan Romero.

Menit ke-29, Anderlecht mendapatkan tendangan bebas. Tielemans menjadi eksekutor dan melepaskan tendangan melengkung melewati pagar betis. Tapi, bola masih mudah diamankan Romero.

Anderlecht bisa menyamakan skor di menit ke-32. Sepakan Tielemans dari dalam kotak penalti diblok Valencia. Bola melambung dan membentur mistar gawang. Bola liar diumpan Teodorczyk ke arah Hanni dan diakhiri sepakan keras ke kanan gawang.

MU coba membalas. Di menit ke-35, Rashford menunjukkan kecepatannya menggiring bola dari sayap kiri dan berhasil melewati satu pemain Anderlecht. Sayang, alih-alih mengumpan ke tengah, Rashford memilih menembak dari sudut sempat dan bola bisa ditepis Ruben.

Peluang terakhir didapat MU menit ke-43. Umpan lambung Pogba dikontrol dengan kaki kanan Mkhitaryan. Ia mengubah posisi bola dan melepaskan tendangan setengah voli dengan kaki kiri. Tapi, bolanya melambung tinggi di atas mistar. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Babak kedua berjalan empat menit, MU hampir mencetak gol. Umpan tarik Shaw dari sisi kiri dalam kotak penalti meluncur di depan gawang Anderlecht. Lingard mencoba menyontek bola, tapi gagal.

Menit ke-65, MU kembali menebar ancaman. Rashford memegang bola di luar kotak penalti. Mendapat ruang tembak cukup bebas, ia memutuskan menendang bola ke gawang. Tapi, arahnya masih melenceng di kiri gawang.

Peluang emas didapat MU di menit ke-69. Appiah salah mengantisipasi bola dan Rashford lolos sendirian tinggal berhadapan dengan kiper. Rashford mencoba mengecoh kiper dengan bergerak ke kiri. Tapi, sentuhannya terlalu kenceng dan bola menjauh dari gawang sebelum akhirnya bola diamankan Appiah.

Peluang bagus kembali didapat MU di menit ke-71. Bola liar jatuh di kaki Ibrahimovic. Tinggal berhadapan dengan kiper, sepakan pemain asal Swedia itu bisa digagalkan Ruben.

Lagi-lagi Ibrahimovic menyia-nyiakan peluang mencetak gol di menit ke-82. Menerima umpan Carrick, sepakan Ibrahimovic dari dalam kotak penalti dan tak terkawal jauh melenceng. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai. Pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan 2x15 menit.

Di babak pertama tambahan, MU sempat mencetak gol di menit ke-101 melalui Pogba. Tapi, wasit menganulirnya karena sebelumnya Fellaini melanggar pemain Anderlecht.

MU baru bisa mencetak gol kedua di babak tambahan kedua tepatnya di menit ke-107. Menerima umpan tandukan Fellaini, Rashford mengecoh satu bek Anderlecht dan melepaskan tendangan menyusur tanah dari tengah kotak penalti.

Tuan rumah sempat mencetak gol lagi di menit ke-119 melalui Martial. Kembali wasit menganulirnya karena dalam posisi offside. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain

Man United: Romero; Valencia, Rojo (Blind 23'), Bailly, Shaw; Carrick, Pogba; Rashford, Mkhitaryan, Lingard (Fellaini 60'); Ibrahimovic (Martial 90').

Anderlecht: Ruben; Appiah, Mbodji, Spajic, Obradovic; Tielemans, Dendoncker, Hanni (Stanciu 64'); Chipciu (Bruno 64'), Teodorczyk (Thelin 79'), Acheampong.

Embed Widget

x