Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Oktober 2017 | 09:08 WIB

Spalletti Tak Ingin Nomor 10 Totti Dipensiunkan

Oleh : Arif Budiwinarto | Minggu, 7 Mei 2017 | 06:05 WIB
Spalletti Tak Ingin Nomor 10 Totti Dipensiunkan
Luciano Spalletti dan Francesco Totti - (Foto: GettyImages)
facebook twitter

INILAHCOM, Roma - Francesco Totti akan pensiun di akhir musim ini. Pelatih Luciano Spalletti berharap klub tidak ikut mempensiunkan nomor punggungnya.

Kepastian pensiunnya Totti disampaikan Direktur Olahraga Roma, Monchi. Setelah mengakhiri karier sebagai pemain, Sang Pangeran Roma akan memulai tugas barunya di jajaran manajemen klub.

Dengan loyalitas selama 25 tahun bersama I Giallorossi, Totti menjadi ikon dan juga legenda hidup klub asal ibukota itu. Untuk mengenang jasa dan juga sumbangsih Totti, Roma berniat untuk mempensiunkan nomor punggung 10 yang jadi ciri khas Il Capitano.

Mempensiunkan nomor punggung umum dilakukan klub sebagai bentuk penghormatan kepada pemain yang dinilai punya kontribusi besar dalam menghadirkan gelar juara dan kesetiaan tanpa batas.

AC Milan pernah mempensiunkan nomor punggung 6 yang pernah dipakai bek legendaris, Franco Baresi serta nomor punggung 3 milik bek sayap kiri flamboyan, Paolo Madini.

Namun, opini berbeda dilontarkan pelatih Luciano Spalletti. Ia menginginkan nomor punggung 10 tetap hidup dan dikenakan oleh 'Totti-Totti' selanjutnya.

"Saya mengatakan mereka jangan sampai mempensiunkannya (nomor punggung 10). Sebelum Totti, Giuseppe Gianinni memakai nomor 10," kata Spalletti kepada Goal.

"Tetapi, bagaimana dengan anak-anak yang sudah sejak lama bermain mengenakan kostum dengan nomor 10? Apakah kami ingin merenggut kesenangan mereka?," lanjutnya menambahkan.

"Saya tidak bisa menutup telinga dengan perkataan orang-orang bahwa nomor tersebut harus dipensiunkan. Ini adalah opini saya. Jika saya tidak melihat nomor 10 itu, kemudian saya akan pergi ke pemakaman dan mencari jersey nomor 10 milik Totti," ia memungkasi.

Sejak melakoni debut profesional bersama AS Roma di musim 1992-93, Totti sudah bermain 783 kali dan mencetak 307 gol. Ia turut andil saat Il Lupi menjuarai Liga Seri A Italia (2000-01), Coppa Italia (2006-07, 2007-08), Piala Super Italia (2001, 2007)

Sayang, di musim terakhirnya sebagai pemain, Totti malah jarang dapat kesempatan merumput sebagai starter. Situasi inilah yang mencuatkan isu hubungan yang tidak harmonis antara pelatih dan Totti.

 
x