Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 September 2017 | 05:27 WIB

Ada Arsenal di Balik Gelar Juara Chelsea

Oleh : Arif Budiwinarto | Sabtu, 13 Mei 2017 | 12:09 WIB
Ada Arsenal di Balik Gelar Juara Chelsea
(Foto: GettyImages)
facebook twitter

INILAHCOM, West Bromwich - Keberhasilan Chelsea meraih gelar juara Liga Premier Inggris musim ini ada sangkut pautnya dengan Arsenal dan keberanian Antonio Conte melakukan perubahan skema permainan.

Chelsea memastikan gelar juara setelah mengalahkan West Bromwich Albion di The Hawthrons Stadium, Sabtu (13/5/2017) dini hari WIB, berkat gol tunggal Michy Batshuayi di menit ke-83.

Dengan menyisakan dua laga, perolehan poin Chelsea (87) mustahil terkejar Tottenham Hotspurs (77) yang menyisakan tiga pertandingan.

Keberhasilan Chelsea meraih gelar juara tak lepas dari tangan dingin dan keberanian Conte mengambil keputusan untuk melakukan perubahan skema permainan.

The Blues sempat mengalami masa-masa sulit pada September 2016. Dalam medio tersebut, Chelsea ditahan imbang 2-2 oleh Swansea, kemudian kalah 1-2 dari Liverpool di Stamford Bridge, lalu dihajar Arsenal 3-0 di Emirates Stadium.

Setelah kekalahan dari Arsenal, Conte melakukan perubahan formasi. Dari awalmya 4-1-4-1 menjadi 3-4-3. Skema ini pernah ia gunakan saat menangani Juventus yang menghasilkan empat gelar scudetto secara beruntun.

Dalam perjalanannya, skema 3-4-3 ternyata mampu dijalankan dengan baik oleh anak asuhnya di Chelsea. Hasilnya, mereka bisa membukukan 25 kemenangan, dua hasil seri, dan hanya menelan tiga kekalahan.

"(Hasil di bulan September) membuat saya frustasi karena seusai laga melawan Arsenal saya tidak melihat apapun dari pekerjaan saya atau ide saya dalam sepak bola," kata Conte kepada BBC.

"Tetapi, saat itu saya menemukan kekuatan untuk berubah dan bertanggung jawab menemukan sistem permainan bagi pemain. Itu adalah momen kunci musim ini karena setiap pemain merasakan sistem ini (3-4-3) sangat cocok bagi mereka."

"Untuk menemukan solusi yang tepat tidaklah mudah dan untuk hal ini saya ingin berterima kasih kepada para pemain karena mereka mempercayai pekerjaan, filosofi, analisa video untuk melihat kesalahan dan mereka menunjukkan sikap yang tepat," pungkasnya.

 
Embed Widget

x