Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 Juli 2017 | 17:53 WIB

Rumitnya Perebutan Tiket Liga Champions di Inggris

Oleh : Reza Adi Surya | Kamis, 18 Mei 2017 | 06:04 WIB
Rumitnya Perebutan Tiket Liga Champions di Inggris
(Foto: bbc)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Liverpool, Manchester City, dan Arsenal masih berpeluang finis di posisi empat besar. Bahkan, ada kemungkinan jumlah poin, selisih gol, memasukkan gol ketiga tim sama dan harus dilakukan pertandingan playoff.

Liga Primer Inggris memasuki laga pamungkas akhir pekan nanti. Liverpool, City, dan Arsenal sama-sama berpeluang finis di posisi empat besar dan lolos ke Liga Champions.

Posisi klasemen saat ini adalah City di peringkat tiga dengan 75 poin, 75 memasukkan gol, 39 kebobolan, dan selisih gol 36. Liverpool di peringkat empat dengan 73 poin, 75 memasukkan gol, 42 kebobolan, dan selisih gol 33. Sedangkan Arsenal di peringkat lima dengan 72 poin, 74 memasukkan gol, 43 kebobolan, dan selisih gol 31.

Dalam peraturan Liga Primer Inggris, jika di akhir musim ada dua atau tiga klub yang memiliki poin sama, memasukkan gol dan selisih gol sama, maka akan ditentukan melalui pertandingan playoff di tempat netral. Peraturan itu berlaku untuk menentukan juara, degradasi, atau perebutan tiket kompetisi Eropa.

Berikut adalah beberapa kemungkinan yang mengharuskan digelar pertandingan playoff antara City, Liverpool, atau Arsenal dalam menentukan siapa yang berhak lolos ke Liga Champions melalui playoff (peringkat empat) atau langsung ke fase grup (peringkat tiga):

1. City vs Liverpool: Playoff untuk memperebutkan peringkat tiga

City dan Liverpool saja menjalani pertandingan playoff untuk memperebutkan peringkat tiga dan langsung lolos ke fase grup Liga Champions jika City bermain imbang 3-3 lawan Watford sementara Liverpool menang 3-0 atas Middlesbrough. Atau jika City imbang 4-4 dan Liverpool menang 4-1 dan seterusnya.

Jika skenario itu terjadi (skor 3-3 dan 3-0), maka posisi klasemen adalah Liverpool dan City sama-sama mengemas 76 poin, selisih gol 36, memasukkan 78 gol, dan kemasukan 42 gol. Skenario ini merugikan untuk Arsenal, karena apapun hasil The Gunners melawan Everton, mereka tak bisa menyalip 76 poin yang diraih City dan Liverpool.

2. City vs Arsenal: Playoff memperebutkan peringkat empat

Playoff bisa saja terjadi antara City melawan Arsenal dengan catatan City kalah 0-4 dari Watford sementara The Gunners menang 1-0 lawan Everton. Dengan demikian, poin Arsenal dan City sama-sama 75, memasukkan gol 75, kebobolan 43, dan selisih gol 32.

Skenario ini menguntungkan untuk Liverpool andai The Reds bisa meraih kemenangan berapapun skornya lawan Middlesbrough. Dengan torehan tiga poin, tim asuhan Jurgen Klopp mengemas 76 poin dan dipastikan finis di peringkat tiga.

3. Arsenal vs Liverpool: Perebutan peringkat empat

Arsenal dan Liverpool harus bertanding di playoff memperebutkan peringkat empat jika Arsenal imbang 1-1 dengan Everton, sementara The Reds kalah 0-2 dari Middlesbrough. Dengan demikian, poin Arsenal dan Liverpool sama-sama 73, memasukkan gol 75, kebobolan 44, dan selisih gol 31.

Skenario ini menguntungkan City karena mereka akan tetap finis di peringkat tiga apapun hasilnya melawan Watford.

Sumber: BBC

 
x