Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Agustus 2017 | 04:32 WIB

Gagal di Liga, Klub-klub Ini Tetap Pesta Juara

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 31 Mei 2017 | 10:33 WIB
Gagal di Liga, Klub-klub Ini Tetap Pesta Juara
(Foto: gettyimages/Catherine Ivill)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pesta juara bukan hanya milik klub yang mampu menyabet gelar liga. Ada beberapa klub yang juga menggelar perayaan meski tak jadi kampiun di ajang liga domestik.

Liga-liga top Eropa sudah menutup musim 2016-17 sejak akhir pekan lalu. Mereka yang sejak awal musim difavoritkan jadi juara mampu menutup musim dengan torehan manis.

Di Jerman, Bayern Munchen mampu meraih gelar juara Bundesliga ke-27 setelah mengatasi persaingan ketat dari RB Leipzig. Feyenoord Rotterdam jadi yang terbaik di Eredivisie Belanda sekaligus memutus dominasi Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven.

Chelsea yang baru pertama ditangani Antonio Conte mampu keluar sebagai juara Liga Premier Inggris. Juventus belum terbendung di ajang Liga Seri A Italia, mereka berhasil meraih gelar scudetto keenam secara beruntun.

AS Monaco sukses menyelingi catatan juara Ligue 1 Prancis yang dalam empat musim terakhir dikuasai Paris Saint-Germain (PSG). Sementara itu, perebutan gelar juara La Liga Spanyol harus ditentukan hingga pekan terakhir. Real Madrid keluar sebagai juara sejak terakhir kali menjuarainya pada musim 2011-12.

Selain klub-klub juara liga di atas, ada beberapa klub yang juga larut dalam euforia usai menang di ajang piala. Selain Juventus yang juga menggondol Coppa Italia, berikut enam tim juara di ajang piala:

1. Arsenal (juara Piala FA)

Arsenal menutup musim di posisi lima, untuk pertama kalinya dalam 21 tahun mereka gagal mengakhiri musim di empat besar. Namun, mereka mampu mengobati kekecewaan tersebut dengan meraih gelar juara Piala FA 2016-17.

Di final, skuad asuhan Arsene Wenger mengalahkan juara Liga Premier Inggris 2016-17, Chelsea, dengan skor 2-1 di Stadion Wembley. Bagi Arsenal, ini adalah gelar Piala FA ke-13 merupakan yang terbanyak dari klub Inggris lainnya.

2. Manchester United (juara Liga Europa dan Piala Liga Inggris)

Manchester United yang finisi di urutan enam mampu membuktikan kelasnya dengan menjuarai Liga Europa usai mengalahkan Ajax Amsterdam 2-0 di laga final. Dengan demikian, United bisa lolos langsung ke fase grup Liga Champions Eropa musim depan. Sebelumnya, mereka terlebih dahulu memastikan gelar Piala Liga Inggris dengan mengalahkan Southampton 3-2.


3. Borussia Dortmund (Piala Jerman)

Borussia Dortmund gagal menjegal Bayern Munchen dalam upaya perburuan gelar juara Bundesliga 2016-17. Tetapi, Die Borussen mampu menutup musim ini dengan satu raihan trofi, Piala Jerman (DFB Cup).

Di laga final, mereka mengalahkan Eintracht Frankfurt dengan skor tipis 1-2. Sayangnya, gelar tersebut jadi yang terakhir diraih bersama Thomas Tuchel sebagai pelatih.


4. Vitesse (Piala Belanda)

Gagal finis di empat besar menyebabkan Vitesse harus mengubur impiannya tampil di kancah Eropa musim depan. Tetapi, mereka bisa sedikit berbangga karena bisa memastikan gelar juara Piala Belanda (KNVB Beker).

Di laga final, mereka mampu mengalahkan AZ Alkmaar dengan skor 0-2. Bagi Vitesse, ini adalah trofi Piala Belanda pertama sepanjang sejarah klub.


5. Paris Saint-Germain (PSG) Piala Prancis dan Piala Liga Prancis

PSG kehilangan gelar juara Ligue 1 Prancis musim ini yang direbut AS Monaco. Namun, skuad besutan Unai Emery mampu merebut dua trofi domestik lainnya.

Dimulai dari Piala Liga Prancis dimana mereka mengalahkan Monaco dengan skor telak 1-4. Selanjutnya, Edinson Cavani dkk menambah gelar mereka dengan menjuarai Piala Prancis usai mengalahkan Angers 1-0.


6. Barcelona (Piala Raja Spanyol)

Barcelona harus kehilangan gelar juara La Liga Spanyol 2016-17 setelah diambil alih Real Madrid. Kendati demikian, Lionel Messi dkk tetap bisa menggelar pesta usai menjuarai Piala Raja Spanyol.

Menghadapi Alaves di final akhir pekan kemarin, Los Blaugrana menang 3-1. Gelar tersebut menjadi kado perpisahan bagi Luis Enrique yang kontraknya habis akhir musim ini.[rza]

 
Embed Widget

x