Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Oktober 2017 | 15:01 WIB

Jelang Final Liga Champions

Juventus dan Mitos Tersingkirnya Barca di Knockout

Oleh : Arif Budiwinarto | Minggu, 4 Juni 2017 | 00:03 WIB
Juventus dan Mitos Tersingkirnya Barca di Knockout
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Dalam 10 tahun terakhir ada tren dimana tim yang berhasil mengalahkan Barcelona di fase knockout bisa menjadi juara Liga Champions Eropa. Mungkinkah mitos tersebut berlanjut musim ini?

Sejak musim 2006-07, sudah ada delapan tim yang menyingkirkan Barca di fase gugur. Empat tim diantaranya keluar sebagai juara antara lain Manchester United, Inter Milan, Chelsea dan Bayern Munchen.

Manchester United mengeliminasi Barca di babak semifinal dengan skor agregat 1-0 berkat gol semata wayang Paul Scholes di Old Trafford. United keluar sebagai juara di musim 2007-08 setelah mengalahkan Chelsea lewat adu penalti.

Dua musim berselang, giliran Inter Milan yang mengandaskan Barca lagi-lagi di babak semifinal. Inter yang saat itu ditangani Jose Mourinho menang 3-1 di kandang kemudian kalah 1-0 di Nou Camp. Mereka keluar sebagai juara usai mengalahkan Bayern Munchen di final dengan skor 2-0.

Kejadian serupa dialami Chelsea di musim 2011-12. Bermain di semifinal, The Blues berhasil menghentikan Barcelona di bawah asuhan Pep Guardiola dengan agregat 3-2. Di final, Chelsea mengalahkan Bayern Munchen.

Dan Munchen menjadi tim terakhir yang mengalami tren tersebut. Die Roten terlalu perkasa bagi Barcelona, mereka menang dengan agregat telak 7-0 di semifinal 2012-13. Munchen memastikan gelar juara setelah di final mengalahkan Borussia Dortmund 1-2.

Musim 2016-17, Juventus menjadi klub terbaru yang mengalahkan Los Blaugrana di babak knockout, I Bianconeri menang agregat 3-0. Skuad asuhan Massimiliano Allegri selanjutnya mengalahan AS Monaco di semifinal. Di laga pamungkas yang akan digelar di Stadion Millenium Cardiff Si Nyonya Tua akan jumpa Real Madrid.

Apakah mitos tersebut berlanjut, bisa kita saksikan bersama Minggu (4/6/2017) dini hari WIB.

Komentar

 
Embed Widget

x