Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Oktober 2017 | 16:41 WIB

Hajar Juve 1-4, Real Madrid Juara UCL 2016-17

Oleh : Arif Budiwinarto | Minggu, 4 Juni 2017 | 03:48 WIB
Hajar Juve 1-4, Real Madrid Juara UCL 2016-17
(Foto: gettyimages)
facebook twitter

INILAHCOM, Cardiff - Real Madrid memastikan gelar juara Liga Champions Eropa 2016-17 setelah di final mengalahkan Juventus dengan skor 1-4. Cristiano Ronaldo mencetak dua gol dalam pertandingan tersebut.

Bermain di Milennium Cardiff Stadium, Minggu (4/6/2017) dini hari WIB, Real Madrid unggul dalam penguasaan bola mencapai 57 persen berbanding 43 persen yang dilakukan Juve.

El Real juga lebih banyak melepaskan percobaan, dari 10 shots ada empat yang ke arah gawang, Juve juga melepaskan jumlah shots on goal yang sama.

Juve mengambil inisiatif menyerang sejak menit awal pertandingan. Menit ketiga, Gonzalo Higuain mendapat peluang pertama, sundulannya masih tepat di tangkapan Keylor Navas.

Dua menit kemudian Juve lagi-lagi mendapat peluang, kali ini sepakan Higuain masih bisa diamankan oleh Navas. Kemudian upaya Miralem Pjanic menit keenam, sepakan jarak jauhnya masih bisa ditepis oleh Navas.

Madrid yang terus ditekan justru mendapat peluang pertama yang langsung berbuah gol di menit ke-20. Berawal dari serangan balik cepat, Dani Carvajal bergerak di sisi kanan kotak penalti Juve, ia kemudian mengirimkan umpan ke tengah kotak penalti yang langsung disambut sepakan kaki kanan Cristiano Ronaldo ke pojok kanan bawah gawang Juve, 0-1 Madrid memimpin.

Keunggulan Madrid hanya bertahan enam menit, Juve menyamakan skor berkat gol indah Mario Mandzukic. Higuain yang menerima bola di area penalti langsung memberikan bola dengan sundulan kepada Mandzukic.

Orang kedua lantas mengangkat bola dan melakukan tendangan akrobatik, bola melambung melewati Keylor Navas ke pojok kiri atas. Skor imbang 1-1.

Setelah gol tersebut, tempo permainan cenderung menurun dan kedua tim tak banyak menciptakan peluang. Madrid lebih banyak melakukan serangan dari dua lebar lapangan, Marcelo di sisi kiri serta Dani Carvajal di sisi kanan.

Juve yang menemui hambatan di lapangan tengah juga lebih banyak mengalirkan bola dari sisi sayap terutama di sisi kiri yang ditempati oleh Alex Sandro. Hingga jeda, skor imbang 1-1 tak berubah.

Di babak kedua, Madrid langsung tancap gas. Menit ke-54, percobaan kaki kiri Luca Modric dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap dengan baik oleh Buffon.

Sampai menit ke-60, Real Madrid mengurung sepertiga lapangan pertahanan Juve. Hasilnya, Madrid mampu kembali unggul di menit ke-61. Memanfaatkan bola liar, Casemiro melepaskan sepakan jarak jauh yang sempat berubah arah mengenai badan pemain Juve dan mengarah ke pojok kanan bawah gawang yang gagal dijangkau Buffon, Juventus 1 Madrid 2.

Hanya berjarak tiga menit, El Real menambah keunggulan menjadi 1-3. Ronaldo mencetak gol keduanya dalam pertandingan tersebut. Berawal dari penetrasi Modric di sisi kiri kotak penalti Juve, ia melepaskan umpan silang yang langsung disambar Ronaldo untuk menggetarkan gawang Buffon dari jarak dekat.

Unggul dua gol, Madrid lebih nyaman mengendalikan permainan, mereka sedikit menurunkan tempo permainan dan berupaya mengamankan skor.

Dalam keadaan tertinggal, Juve melakukan sejumlah pergantian pemain dengan memasukkan Mario Lemina dan Juan Cuadrado. Sayangnya, Cuadrado hanya sebentar berada di lapangan.

Menit ke-84, ia menerima kartu kuning kedua setelah dianggap menginjak kaki Sergio Ramos dengan sengaja di tepi lapangan. Kalah jumlah pemain, Juve tak punya pilihan lain selain untuk bertahan.

Madrid mampu memaksimalkan keunggulan jumlah pemain untuk mencetak gol keempat di menit ke-90. Sepakan bebas Ronaldo mengenai pagar betis, bola kemudian liar dan berhasil dikuasai oleh Marcelo. Ia berhasil melewati satu bek Juve di dalam kotak penalti dan memberikan umpan kepada Marco Asensio yang berdiri di tengah kotak penalti, sepakan kaki Asensio mengarah ke tiang jauh gawang Juve. Skor 1-4 menutup laga.

Bagi Madrid ini adalah gelar Liga Champions kedua beruntun mereka atau jadi yang ke-12 sepanjang sejarah klub, sedangkan bagi Juve hasil ini memperpanjang catatan buruk mereka dalam dua final Liga Champions Eropa.

Susunan Pemain

Juventus: Buffon; Barzagli (Cuadrado 66' (KM 84'), Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Pjanic (Marchisio 70'), Khedira; Dani Alves, Dybala (Lemina 78'), Mandzukic; Higuain.

Real Madrid: Navas; Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo; Kroos (Morata 89'), Casemiro, Modric; Isco (Asensio 82'); Benzema (Bale 77'), Ronaldo.

Komentar

 
Embed Widget

x