Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 Juni 2017 | 23:29 WIB

Valverde: Bukan Formasi Baru yang Dibutuhkan Barca

Oleh : Arif Budiwinarto | Senin, 12 Juni 2017 | 01:11 WIB
Valverde: Bukan Formasi Baru yang Dibutuhkan Barca
Pelatih baru Barcelona, Ernesto Valverde - (Foto: GettyImages)
facebook twitter

INILAHCOM, Barcelona - Jadi pelatih baru Barcelona, Ernesto Valverde tak berniat menerapkan formasi, terpenting adalah mengembalikan gaya bermain dengan penguasaan bola yang identik dengan klub asal Katalunya.

Di bawah asuhan Luis Enrique, Barca memainkan pola 3-4-3 yang terbukti ampuh dalam bertahan maupun menyerang. Pola tersebut merupakan perkembangan dari formasi 4-3-3 yang sempat jadi andalan Pep Guardiola.

Menurut Valverde, yang dibutuhkan Barcelona bukan formasi baru tetapi bagaimana cara mengembalikan gaya permainan ball possession yang menjadi ciri khas

"Formasi 4-3-3 adalah yang sering dipakai Barcelona dalam beberapa kesempatan," kata Valverde dalam wawancara dengan Barca TV.

"Formasi tersebut tidak selalu dipakai, karena mereka bisa bermain dengan 3-4-3 bahkan 4-2-3-1, tapi tanpa mengesampingkan formasi, apa yang seharusnya dipertahankan adalah gaya bermain yang menjadi ciri khas tim legendaris ini," ia menambahkan.

Lebih lanjut, kunci sukses Barca dalam satu dekade terakhir adalah hadirnya pemain-pemain tengah berkualitas seperti Xavi Hernandez, Andres Iniesta serta Ivan Rakitic. Mereka bukan hanya piawai dalam mengatur ritme pertandingan tetapi juga menjadi pemecah kebuntuan.

"Dalam beberapa tahun terakhir, saat mereka banyak meraih kesuksesan, gaya bermain mereka selalu berdasarkan para gelandang-gelandang kreatif," ia memungkasi.

Sumber: Football-Espana

 
x