Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Juni 2017 | 08:48 WIB

IFAB Usulkan Waktu Main Sepakbola Jadi 60 Menit

Oleh : Arif Budiwinarto | Minggu, 18 Juni 2017 | 17:09 WIB
IFAB Usulkan Waktu Main Sepakbola Jadi 60 Menit
(Foto: bbc)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sebuah aturan baru untuk memangkas waktu bermain pertandingan sepak bola tengah dimatangkan oleh Badan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB).

IFAB yang beranggotakan federasi sepak bola Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara, berencana mengubah peraturan dasar sepakbola atau yang umum disebut Law The Game yang berisi durasi waktu efektif bermain.

Bila kita lebih akrab menyaksikan pertandingan sepakbola dengan waktu normal 90 menit, IFAB mengusulkan dipangkas menjadi 60 menit dengan setiap babak berlangsung selama 30 menit.

Pelaksanannya, waktu pertandingan akan tetap berjalan selama tidak ada hal yang mengharuskan bola berhenti seperti bola keluar lapangan, protes kepada wasit, sampai pada durasi pergantian pemain masuk dan keluar lapangan. Lalu apa alasannya?

Dilansir BBC, pemotongan tersebut ditujukan untuk menciptakan waktu bermain efektif tanpa adanya waktu yang terbuang dalam pertandingan.

Peraturan tersebut tidak berdiri sendiri, dalam proposal yang tengah digodok IFAB, ada sejumlah aturan baru yang diusulkan diantaranya pemain dilarang meneruskan bola rebound ketika penalti digagalkan, atau saat penalti gagal pertandingan akan berhenti dan dimulai lagi dengan tendangan gawang.

Aturan lainnya, pemain diperbolehkan menggiring bola dalam situasi tendangan bebas, serta menghubungkan perangkat jam wasit ke layar lebar di stadion

"Secara pribadi saya senang dengan aturan ini karena banyak tim yang berupaya mengambil keuntungan dengan membuang waktu saat sedang unggul. Jadi, saya tidak berpikir ini peraturan yang buruk," kata mantan pemain Chelsea, Gianfranco Zola.

"Sepak bola sudah cukup cepat. Saya tidak senang dengan beberapa perubahan, tetapi ini adalah satu yang terbaik," ia memungkasi.

 
Embed Widget

x