Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Oktober 2017 | 09:08 WIB

Messi Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah La Liga

Oleh : Arif Budiwinarto | Senin, 7 Agustus 2017 | 06:12 WIB
Messi Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah La Liga
Lionel Messi - (Foto: GettyImages)
facebook twitter

INILAHCOM, Madrid - Sebuah penelitian menunjukkan Lionel Messi merupakan pemain terbaik sepanjang sejarah La Liga Spanyol. Ia mengalahkan catatan legenda Real Madrid, Raul Gonzales.

Penelitian yang diadakan oleh Research Center of History and Statistics of Spanish Football (CIHEFE) menganalisa sejumlah faktor termasuk jumlah menit bermain dalam setiap musim, gol tercipta dalam permainan terbuka, tendangan penalti, gol bunuh diri dan kartu merah.

CIHEFE mengumpulkan data statistik 9.280 pemain dengan 854 diantaranya berposisi sebagai kiper sejak La Liga dimulai pada 1929 lalu.

"Semua kriteria evaluasi ditandai dengan sistem penilaian sederhana yang mengatur penilaian dari setiap pemain dengan analisis serupa setiap musim," kata peneliti CIHEFE, Jose Antonio Ortega.

Hasilnya menempatkan Messi di posisi teratas sebagai pemain terbaik sepanjang 86 tahun gelaran La Liga. Penyerang Barca itu mengemas nilai total 545 mengungguli nama-nama legendaris Negeri Matador seperti Raul Gonzales di tempat kedua dengan nilai 528, Cesar Rodriguez (524), Telmo Zarra (493) serta legenda Madrid Alfredo Di Stefano (481) yang berada di luar urutan 10 besar.

Lalu, bagaimana dengan Cristiano Ronaldo? Meskipun berhasil mengalahkan Messi di musim 2016-17, Ronaldo berada di posisi 17 pemain terbaik sepanjang sejarah La Liga dengan total nilai 415.

Messi juga tercatat sebagai pemain yang masih aktif bermain dan mencetak gol, kemudian diikuti Ronaldo di peringkat kedua serta penyerang gaek Athletic Bilbao, Aritz Aduriz, yang sudah mencetak 146 gol di La Liga.

Sumber: Marca

 
x