Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 23:41 WIB

Menang Telak, Barca Juara Trofi Joan Gamper

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 8 Agustus 2017 | 03:39 WIB
Menang Telak, Barca Juara Trofi Joan Gamper
(Foto: GettyImages)
facebook twitter

INILAHCOM, Barcelona - Barcelona keluar sebagai juara Joan Gamper Trophy 2017 setelah mengalahkan Chapecoense dengan skor telak 5-0.

Barcelona memenuhi janjinya mengundang Chapecoense dalam pertandingan eksebisi pramusim tersebut. Undangan tersebut sebagai bentuk simpati dan penghormatan kepada pemain dan staf pelatih Chapecoense yang tewas dalam kecelakaan pesawat pada November 2016 lalu.

Laga ini menjadi kali pertama Barca tampil tanpa Neymar yang resmi bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) pekan lalu.

Dalam pertandingan yang digelar di Nou Camp, Selasa (8/8/2017) dini hari WIB, pelatih Barca, Ernesto Valverde memainkan Gerard Deulofeu bersama Lionel Messi dan Luis Suarez sebagai trisula penyerang.

Aleix Vidal yang lama tak main diberi kesempatan sebagai starter bersama Gerard Pique, Samuel Umtiti dan Jordi Alba.

Statistik menunjukkan Barca unggul dalam penguasaan bola mencapai 72 persen berbanding 28 persen. Total, ada 20 shots yang dilepaskan Barca dengan 16 diantaranya on target. Chapecoense tak banyak mengancam gawang Barca, mereka hanya dua kali melepaskan shots on target.

Barca membuka keunggulan di menit keenam, menerima umpan dari Ivan Rakitic, Deulofeu melepaskan sepakan dari sisi kiri kotak penalti lawan, bola kirimannya mengarah ke pojok kanan bawah gawang yang gagal dijangkau kiper lawan, Elias Curzel.

Lima menit berselang, Deulofeu menjadi kreator terciptanya gol Sergio Busquets. Ia mengirimkan operan yang kemudian diteruskan sepakan kaki kanan mengarag ke pojok kanan atas gawang Chapecoense.

Megabintang Barca, Lionel Messi tak mau ketinggalan menyumbang gol. Lagi-lagi Deulofeu terlibat dalam gol yang tercipta di menit ke-28. Umpan pendeknya kepada Messi di area tengah kotak penalti dengan baik dikonversi jadi gol oleh The Messiah. Skor 3-0 bertahan hingga jeda.

Meski sudah unggul tiga gol di babak pertama, Barca tidak mengendurkan serangan di paruh kedua. Menit ke-55 publik tuan rumah bergemuruh menyambut gol Luis Suarez. Bekerjasama satu dua dengan Messi, Suarez kemudian menaklukkan kiper Curzel dari jarak dekat sebelum mengirim bola ke gawang.

Usai gol tersebut, Barca terlihat mulai menurunkan tempo permainan. Kendati demikian, Chapecoense tak mampu memanfaatkan situasinya untuk mencetak gol hiburan.

Barca bisa menambah keunggulan di menit ke-74. Menerima umpan terobosan dari Messi, Denis Suarez melepaskan tendangan kaki kanan ke tiang dekat yang gagal diamankan kiper Curzel.

Tuan rumah sebenarnya punya kesempatan memperbesar kemenangan. Penetrasi bek baru Barca, Nelson Semedo, dihentikan secara ilegal di area penalti di menit ke-86. Sayang, tendangan penalti yang dieksekusi Paco Alcacer masih bisa dimentahkan kiper Curzel.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor 5-0 untuk kemenangan Barcelona dari Chapecoense tak berubah.

Susunan Pemain:

Barcelona: Ter Stegen; Vidal, Pique, Umtiti, Alba; Rakitic, Busquets, Iniesta; Messi, Suarez, Deulofeu

Chapecoense: Elias Curzel; Apodi, Luiz Otavio, Ramos, Reinaldo; Moises; Ruschel, Nenem, Miniero, Lourency; Wellington Paulista

Komentar

 
Embed Widget

x