Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 15:33 WIB

Piala Super Eropa 2017

Sir Alex dan Penyesalanya di Piala Super Eropa

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 9 Agustus 2017 | 01:04 WIB
Sir Alex dan Penyesalanya di Piala Super Eropa
Sir Alex Ferguson - (Foto: GettyImages)
facebook twitter

INILAHCOM, Skopje - Dibawah asuhan Sir Alex Ferguson, Manchester United tercatat tiga kali tampil di Piala Super Eropa, namun mereka hanya sekali menjuarainya. Inilah yang kemudian jadi penyesalan di akhir karier Sir Alex.

MU meraih prestasi luar biasa di era kepelatihan Sir Alex. Sejak 1986 hingga 2013, pria asal Skotlandia itu berhasil membawa klub asal kota industri tersebut menjuarai Liga Premier Inggris (13 kali), Piala FA (5 kali), Piala Liga (4 kali), serta Community Shield (10 kali).

Di ajang kompetisi Eropa, Sir Alex mampu mengantarkan Setan Merah dua kali mengangkat trofi Liga Champions Eropa, sekali kampiun Piala Winners, Piala Intercontinental, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

Jelang laga Piala Super Eropa 2017 yang mempertemukan MU dengan Real Madrid, Rabu (9/8/2017) dini hari WIB, Sir Alex mengingat kembali saat-saat dirinya bersama The Red Devils di ajang tersebut.

Dari tiga kesempatan, Sir Alex hanya sekali membawa MU jadi kampiun di tahun 1991. Saat itu, United yang berstatus sebagai juara Piala Winners berhasil mengalahkan juara Piala Eropa (Liga Champions Eropa) Red Star Beograde 1-0.

Tahun 1999, MU yang jadi kampiun Liga Champions Eropa gagal melengkapinya dengan Piala Super Eropa setelah dikalahkan Lazio. Terakhir, pada 2008 lalu, MU yang merebut gelar UCL ketiganya harus kembali gagal merasakan juara Piala Super Eropa karena kalah dari Zenit St Petersburg 1-2.

"Jika Anda menanyakan kepada suporter apakah mereka ingin memenangkan liga atau Piala Super Eropa, saya tahu apa jawabannya seperti apa," kata Sir Alex.

"Kami seharusnya bisa memenangkannya tiga kali, dan jika kami bermain baik di Roma melawan Barcelona di final Liga Champions Eropa 2009, mungkin bisa jadi salah satunya. Saya pikir itu adalah salah satu penyesalannya," ia memungkasi.

Sumber: Man United

Komentar

 
x