Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 04:35 WIB

Madrid Juara Piala Super Eropa Usai Kalahkan MU

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 9 Agustus 2017 | 03:50 WIB
Madrid Juara Piala Super Eropa Usai Kalahkan MU
Real Madrid juara Piala Super Eropa 2017 - (Foto: GettyImages)
facebook twitter

INILAHCOM, Skopje - Real Madrid mampu mempertahankan gelar juara Piala Super Eropa setelah mengalahkan Manchester United dengan skor tipis 2-1.

Dalam pertandingan yang digelar di Nacional Filip II Stadium, Rabu (9/8/2017) dini hari WIB, Real Madrid memainkan skuad terbaiknya saat menjuarai Liga Champions Eropa 2016-17, hanya saja tidak menurunkan Cristiano Ronaldo sejak awal. Zinedine Zidane memainkan Isco bersama Gareth Bale dan Karim Benzema di lini depan.

Sementara Manchester United memainkan tiga pemain barunya, Victor Lindelof di pos bek tengah serta Nemanja Matic di pos gelandang bertahan, Romelu Lukaku di barisan serang didukung Marcus Rashford dan Henrikh Mkhitaryan.

Madrid lebih dominan dalam penguasaan bola mencapai 63 persen berbanding 37 persen yang dilakukan MU. Dari 16 shots yang dilepaskan El Real, ada enam yang tepat mengarah ke sasaran. Sedangkan United melakukan 14 shots dengan enam diantaranya on target.

Real Madrid terlebih dahulu mendapatkan peluang saat laga baru berjalan tiga menit. Umpan dari Marcelo membentur pemain MU membuat bola melambung liar ke tengah kotak penalti. Bale bisa mencocor bola tersebut tapi arahnya masih melebar.

Peluang terbaik Madrid mencetak gol hadir di menit ke-16, sepak pojok Toni Kroos disambut sundulan Casemiro tetapi bola masih membentur mistar gawang.

MU mengancam semenit berselang lewat serangan balik cepat. Paul Pogba menggiring bola memasuki sepertiga akhir area permainan El Real, ia kemudian melepaskan sepakan yang masih tepat di pelukan Keylor Navas.

Madrid kembali menekan, kali ini Casemiro yang berusaha memecah kebuntuan lewat sepakannya dari luar kotak penalti. Bola masih melebar di sisi kanan gawang MU.

El Real akhirnya membuka keunggulan di menit ke-24. Umpan terobosan Dani Carvajal diteruskan Casemiro dengan sepakan first time yang tepat mengarah ke pojok kanan bawah gawang, 1-0 Madrid memimpin.

Setan Merah berupaya mencetak gol penyeimbang di menit ke-38, tetapi percobaan Ander Herrera masih melebar. Tak lama berselang, David De Gea melakukan penyelamatan untuk menghalau peluang Karim Benzema.

Di masa injury, MU hampir saja mencetak gol penyeimbang. Umpan silang Pogba dibelokkan Romelu Lukaku menggunakan sundulan kepala tetapi masih bisa diamankan Keylor Navas. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Babak kedua baru berjalan tujuh menit, Madrid mampu menggandakan skor. Berawal dari penetrasi Isco di sisi kanan kotak penalti MU, ia melakukan kerjasama satu dua dengan Bale, lepas sendirian Isco berhadapan langsung dengan De Gea. Tanpa kesulitan ia mengarahkan bola ke tiang jauh.

Tertinggal dua gol, MU berusaha merespon dua menit kemudian. Umpan Ander Herrera disundul Pogba, bola berhasil dimentahkan Navas. Bola rebound kemudian disambut sepakan Lukaku tetapi bola malah melambung tinggi.

Madrid melakukan serangan balik di menit ke-61, sepakan Bale dari dalam kotak penalti tidak berbuah gol karena membentur tiang gawang.

Semenit berselang, MU akhirnya mencetak gol menipiskan skor. Kali ini Lukaku membayar kegagalanya. Sepakan Matic dari luar kotak penalti diblok Navas, bola rebound langsung disambar Lukaku jadi gol. Skor 2-1.

MU sebenarnya punya kesempatan bagus menyamakan skor di menit ke-81, andai saja Rashford bisa lebih tenang berhadapan dengan Navas. Sepakan kaki kiri Rashford diblok Navas dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Memasuki masa injury, Madrid setidaknya punya dua peluang. Pertama sepakan jarak dekat Marco Asensio yang masih bisa diblok De Gea, serta sepakan bebas Cristiano Ronaldo yang melambung tinggi. Sampai peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 bagi Madrid tak berubah.

Susunan pemain:

Madrid: Navas; Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo; Modric, Casemiro, Kroos; Bale (Asensio 74'), Benzema (Ronaldo 83'), Isco (Vazquez 74')

MU: De Gea; Valencia, Lindelof, Smalling, Darmian; Pogba, Matic, Herrera (Fellaini 56'); Lingard (Rashford 46'), Mkhitaryan, Lukaku

 
Embed Widget

x