Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Agustus 2017 | 04:11 WIB

Pro dan Kontra Gol Pertama Madrid ke Gawang MU

Oleh : Reza Adi Surya | Rabu, 9 Agustus 2017 | 13:36 WIB
Pro dan Kontra Gol Pertama Madrid ke Gawang MU
(Foto: marca)
facebook twitter

INILAHCOM, Skopje - Gol pembuka Real Madrid ke gawang Manchester United di Piala Super Eropa mengundang pro dan kontra. Ada yang menilai gol tersebut offside dan ada juga menilai sebaliknya.

Madrid mengalahkan MU dengan skor 2-1, Rabu (9/8/2017) dini hari WIB di Philip II Arena. Dua gol El Real dicetak Casemiro dan Isco, semetara balasan Setan Merah dicetak Romelu Lukaku.

Gol pembuka Madrid yang dicetak Casemiro mengundang perdebatan. Sepakannya usai memanfaatkan lambung Dani Carvajal berhasil menaklukkan kiper MU, David De Gea. Dilihat dari tayang ulang, posisi Caemiro sedikit di belakang bek terakhir MU.

Tapi, jika dilihat lebih teliti, bagian tangan Casemiro yang melebihi posisi bek terakhir MU atau tepatnya Chris Smalling. Mantan wasit, Juan Andujar Oliver mengatakan, gol Casemiro sah karena kaki Casemiro masih berada sedikit di depan kaki Smalling.

"Lihat saja kaki Chris Smalling dan itu sudah jelas dia (Casemiro) tidak dalam posisi offside," ujarnya, dikutip dari Marca.

Berdasarkan peraturan International Football Association Board (IFAB), peraturan soal offside adalah, bagian kepala, tubuh, atau kaki melebihi dari posisi lawan paling belakang. Dalam kasus Casemiro, tangan pemain asal Brasil itu memang melebihi posisi Smalling. Tapi, dalam peraturan IFAB tangan tak dianggap offside.

 
Embed Widget

x