Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 20:50 WIB

Man City Jadi Klub Paling Sering Buang Peluang

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 7 September 2017 | 19:38 WIB
Man City Jadi Klub Paling Sering Buang Peluang
(Foto: skysports)
facebook twitter

INILAHCOM, Manchester - Pep Guardiola masih dihadapkan pada permasalahan efektivitas peluang. Para pemain Manchester City masih sering menyia-nyikan peluang sampai musim 2017-18 berjalan.

Pada Mei lalu, Guardiola mengakui timnya banyak membuang peluang sepanjang musim 2016-17. Meskipun The Citizens saat itu tercatat sebagai klub paling banyak menciptakan peluang.

"Angka-angkanya tak bohong, kami sudah tidak cukup bagus di dalam kotak penalti musim ini," kata pelatih asal Spanyol seperti dikutip dari Skysports.

Permasalahan tersebut masih menghantui City di musim ini. Mereka boleh saja tercatat sebagi tim dengan penguasaan bola dan sentuhan di kotak penalti tertinggi, sayangnya itu tak berbanding lurus dengan peluang efektivitas peluang bersih.

Dicatat Skysports, City rata-rata menguasai bola 71,6 persen dengan total 105 sentuhan di kotak penalti lawan. Tapi, baru ada lima gol yang mereka ciptakan.

City menjadi tim yang paling banyak membuang peluang bersih. Dari tiga pertandingan awal musim, mereka sudah melewatkan enam peluang bersih. Jumlah tersebut jadi terbanyak di liga, disusul Arsenal, Liverpool, dan Manchester United masing-masing lima peluang bersih yang gagal jadi gol.

Catatan buruk City berlanjut dalam urusan konversi tembakan on target yang berujung gol. Manchester Biru berada di tempat ketiga dalam jumlah tembakan tepat sasaran (18), kalah baik dari Liverpool (28) dan Manchester United (20).

Produktivitas City juga tak terlalu baik. Mereka berada di posisi lima dengan lima gol berada di bawah Manchester United (10), Liverpool (8), Chelsea (6) dan Leicester City (5).

Sedangkan rataan konversi sepakan on target jadi gol City hanya 27 persen, berbeda sedikit dari Liverpool yang mencatatkan 28,6 persen. Manchester United tercatat sebagai tim dengan rataan konversi sepakan on target jadi gol terbaik dengan 50 persen, kemudian Leicester 45,4 persen dan Chelsea 40 persen.

Laga akhir pekan menghadapi Liverpool di Etihad Stadium, Sabtu (9/9/2017) malam, akan menjadi ujian berat bagi City. Mereka perlu perbaikan dalam urusan efektivitas serangan jika tak ingin kehilangan poin.

Apalagi tim tamu akan datang bermodalkan kepercayaan diri tinggi usai mengalahkan Arsenal 4-0 sebelum jeda internasional.[rza]

 
Embed Widget

x