Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 16:31 WIB

Grup B Piala AFF U-18 2017

Indonesia U-19 Menang Telak 9-0 atas Filipina U-19

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 7 September 2017 | 20:27 WIB
Indonesia U-19 Menang Telak 9-0 atas Filipina U-19
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Yangon - Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan telak 0-9 dari Filipina di pertandingan kedua Grup B Piala AFF U-18 2017. Kemenangan tersebut menempatkan Indonesia ke posisi teratas klasemen.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Thuwunna Stadium, Kamis (7/9/2017) petang WIB, Indonesia mengambil inisiatif menyerang sejak awal laga. Menit kedua, sepakan Hanis masih bisa diblok kiper lawan dan hanya menghasilkan sepak pojok. Begitu juga peluang yang didapat Egy Maulana Vikry di menit ketujuh.

Indonesia U-19 membuka keunggulan di menit kedelapan. Sepakan jarak jauh Feby dari jarak kurang lebih 15 meter bersarang di pojok kanan atas gawang Filipina, skor jadi 0-1.

Gol Feby menambah kepercayaan diri skuad Garuda Nusantara untuk mencetak gol lebih banyak. Benar saja, Egy Maulana Vikry ikut mencatatkan namanya di papan skor setelah membobol gawang lawan di menit ke-22.

Berawal dari situasi kemelut di depan gawang Filipina, Egy dengan tenang memanfaatkan bola liar jadi gol menggunakan kaki kirinya.

Empat menit berselang, Indonesia menjauhkan keunggulan jadi 0-3 setelah M. Iqbal mampu membelokkan umpan Feby dari sayap kiri. Sontekan kaki kanan Iqbal membuat bola mengarah ke tiang jauh.

Menit ke-31, Indonesia mendapat kesempatan bagus mencetak gol keempat setelah bek Filipina, Eric, melakukan handsball di kotak penalti. Asnawi Mangkualam yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya, sepakan kaki kanannya bisa diblok kiper.

Berselang enam menit, wasit kembali menunjuk titik putih. Kali ini Feby yang dilanggar di area terlarang. Egy yang maju sebagai eksekutor berhasil membobol gawang Filipina, 0-4 Indonesia unggul.

Iqbal mencetak gol keduanya di menit ke-40. Dari situasi tendangan bebas, Iqbal melepaskan tendangan kaki kiri mendatar yang bersarang di pojok kanan bawah gawang. Skor 0-5 menutup babak pertama.

Unggul jauh di babak pertama, pelatih Indra Sjafri melakukan pergantian pemain. Egy yang mencetak dua gol digantikan Lestaluhu. Pergantian pemain kembali dilakukan di menit ke-57, Asnawi keluar Resky masuk.

Sampai menit ke-60, setidaknya ada enam peluang emas yang didapat Indonesia, tetapi kurang tenangnya penyelesaian akhir gagal menambah keunggulan.

Indonesia akhirnya mampu mencetak gol keenam di menit ke-68. Mendapat umpan terobosan, Feby bebas sendirian di area penalti, dengan tenang ia mengarahkan bola ke sisi kanan bawah gawang Filipina tanpa bisa dihalau kiper lawan.

Tertinggal setengah lusin gol, Filipina bukan tanpa perlawanan. Di menit ke-71, Fidel mendapat ruang tembak dari depan kotak penalti, bola sepakannya masih bisa ditangkap kiper Indonesia.

Menyisakan sepuluh menit akhir waktu normal, Indonesia masih berambisi mencetak gol tambahan. Feby mencetak gol ketujuh bagi Indonesia U-19 di menit ke-87. Menerima umpan terobosan dari Abimanyu, Feby dengan brilian mengelabui kiper Kammerad.

Indonesia berpeluang menambah gol di menit ke-89 setelah Rafli dijatuhkan Kammerad di kotak penalti. Selain memberikan penalti, wasit juga memberi kartu merah kepada Kammerad atas pelanggarannya.

Rafli yang maju sebagai penendang mampu mengarahkan bola ke kanan atas gawang, skor jadi 0-8. Hanya berselang dua menit, Indonesia mencetak gol kesembilan melalui sontekan Resky.

Dengan kemenangan tersebut, Indonesia U-19 sementara berada di posisi teratas Grup B dengan nilai enam hasil dari dua kemenangan, sedangkan Filipina di urutan terbawah dengan nilai nol.

Susunan Pemain:

Indonesia U-19: Riyandi; Irianto, Nurhidayat, Rifad, Samuel; Abimanyu, Asnawi (Resky 57'), Iqbal; Feby Eka, Egy Maulana (Lestaluhu 46'); H. Saghara

Filipina U-19: Quincy (KM 90'), Lemark, Wilson, Clyde, Ouano, Napolitano, Suba, Vince, Fidel (C), Mercenes, Perez

Komentar

 
x