Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 22:03 WIB

Grup A Liga Champions Eropa 2017-18

Basel Bisa Kembali Sulitkan MU di Old Trafford

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 13 September 2017 | 00:32 WIB
Basel Bisa Kembali Sulitkan MU di Old Trafford
(Foto: bbc)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Manchester United kembali ke Liga Champions Eropa. Jumpa FC Basel di laga perdana fase grup, MU punya rekor yang berimbang.

MU akan memulai langkah mereka di Grup A dengan menjamu Basel di Old Trafford, Rabu (13/9/2017) dini hari WIB. The Red Devils kembali ke Liga Champions Eropa setelah musim lalu menjuarai Liga Europa.

Main di depan pendukungnya sendiri, United akan termotivasi untuk meraih kemenangan sebagai modal baik di awal babak penyisihan. Akan tetapi, Basel bukan lawan sembarangan. Dari empat pertemuan sebelumnya, Basel dua kali menahan imbang serta sekali mengalahkan Setan Merah.

Bahkan, dalam dua lawatan terakhir ke Old Trafford klub Belgia itu mampu meraih hasil imbang.

Berikut data dan fakta jelang pertemuan kedua klub seperti dikutip dari BBC:

Head-to-head

- Ini akan menjadi pertemuan kelima Manchester United dan Basel di Liga Champions. Saat ini, Basel mampu meraih satu kemenangan dan dua kali imbang.

- Basel belum terkalahkan melawan Manchester United di Old Trafford, mereka dua kali menahan imbang (1-1 pada Maret 2003, 3-3 pada September 2011).

Manchester United

- Ini menjadi partisipasi ke-21 Liga Champions Eropa, menjadi klub Inggris paling sering tampil dan menjadi klub keempat Eropa setelah Real Madrid, Barcelona dan FC Porto (22).

- Hanya Liverpool (5 trofi) menjadi tim Inggris paling banyak menjuarai Liga Champions daripada Manchester United (3).

- MU sudah 16 kali bisa melangkah ke babak gugur dari 20 penampilan di Liga Champions, tetapi mereka tidak bisa melangkah dari babak penyisihan sejak 2013-14.

- Paul Pogba hanya mencetak dua gol dari 32 penampilan di Liga Champions.

- Jose Mourinho menjadi salah satu dari lima pelatih yang memenangkan Liga Champions Eropa dengan dua klub berbeda (Porto & Inter) bersama Ernst Happel, Ottmar Hitzfeld, Jupp Heynckes, dan Carlo Ancelotti.

- Mourinho ambil bagian di Liga Champions Eropa bersama lima klub berbeda setelah FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Dan Real Madrid. Carlo Ancelotti (7), Rafael Benitez dan Claudio Ranieri (6) menjadi pelatih yang pernah menangani klub lebih banyak di kompetisi tersebut.

Basel

- Ini menjadi penampilan kedelapan Basel di Liga Champions Eropa, enam kali lebih banyak dari klub lainnya (Grasshopper 2 kali).

- Basel tidak pernah melangkah lebih jauh dari babak 16 besar Liga Champions kecuali di musim 2011-12 dan 2014-15.

- Basel tidak pernah menang dalam 10 laga terakhir Liga Champions Eropa (4 imbang, 6 kalah), catatan tanpa menang terpanjang mereka di kompetisi tersebut. Mereka juga tak pernah mencetak lebih dari satu gol dalam 10 pertandingan.

- Ini menjadi pengalaman pertama Raphael Wikcy di Liga Champions Eropa sebagai pelatih. Sebagai pemain, ia pernah tampil sebanyak empat kali bersama Hamburg pada 2006-07, semuanya berakhir kekalahan.[rza]

 
Embed Widget

x