Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 19:43 WIB

Grup D Liga Champions Eropa 2017-18

Barca Kalahkan Juventus 3-0

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 13 September 2017 | 03:45 WIB
Barca Kalahkan Juventus 3-0
(Foto: gettyimages/David Ramos)
facebook twitter

INILAHCOM, Barcelona - Barcelona sukses meraih kemenangan perdana di fase grup dengan mengalahkan Juventus 3-0. Lionel Messi menjadi bintang dalam pertandingan tersebut.

Memainkan laga perdana Grup D Liga Champions Eropa di Nou Camp, Rabu (13/9/2017) dini hari WIB, Barca unggul dalam penguasaan bola mencapai 64 persen berbanding 36 persen. Kendati demikian, Juve lebih banyak melepaskan shots on goal dengan tujuh kali peluang, sedangkan Barca lima shots on target.

Barca langsung tancap gas sejak awal laga, sedangkan Juventus lebih fokus menjaga pertahanan. I Bianconeri beberapa mendapat peluang di menit-menit awal diantaranya sepakan jarak jauh Mattia De Sciglio pada menit keenam yang masih melebar.

Tiga menit berselang, Paulo Dybala sendirian menggiring bola dalam skema serangan balik cepat, karena tidak adanya pemain yang mendukungnya, ia terpaksa melepaskan sepakan dari sudut sempit yang masih bisa diantisipasi kiper Barca, Marc-Andre Ter Stegen.

Miralem Pjanic menghadirkan ancaman di menit ke-12, ia melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti yang masih bisa dimentahkan oleh Ter Stegen.

Barca baru mendapat peluang bagus di menit ke-20, sepakan bebas Lionel Messi membentur pagar hidup Juve. Bola muntah dimanfaatkan oleh Luis Suarez, namun gawang Juve selamat dari kemasukan setelah sepakan El Pistolero digagalkan Gianluigi Buffon.

Juve harus kehilangan De Sciglio di menit-menit akhir babak pertama karena mengalami cedera. Sebagai gantinya, Juve memasukkan Stefano Sturaro.

Publik tuan rumah akhirnya bergemuruh di menit ke-45 menyambut gol Messi. The Messiah berada di tengah kepungan pemain lawan masih bisa melakukan kerjasama satu dua dengan Suarez dan melepaskan sepakan mendatar yang gagal diantisipasi Buffon, skor 1-0 bagi Barca bertahan hingga jeda.

Unggul satu gol di babak pertama membuat Barca semakin termotivasi menambah gol di paruh kedua. Tekanan demi tekanan dilakukan tuan rumah, hasilnya di menit ke-56 Ivan Rakitic mencatatkan namanya di papan skor untuk menjadikan skor 2-0.

Rakitic memanfaatkan bola rebound sepakan rekan setimnya yang mengenai kaki Sturaro kemudian diteruskan ke gawang Juve tanpa mampu dihalau Buffon.

Tiga menit berselang, Ter Stegen melakukan penyelamatan gemilang dengan menggagalkan sepakan Dybala dari jarak dekat.

Lewat sebuah serangan balik cepat, Barca menambah gol di menit ke-69, mendapat umpan dari Andres Iniesta, Messi dengan brilian menerobos masuk ke area penalti Juve untuk kemudian menaklukkan Buffon untuk kedua kalinya.

Tertinggal tiga gol, Juve masih terus berusaha membobol gawang tuan rumah, Dybala yang menjadi target-man mampu dikunci pergerakannya oleh barisan belakang El Barca. Bahkan, ia sampai turun jauh mencari bola.

Sedangkan upaya Juve melalui sisi sayap kiri yang ditempati Alex Sandro belum banyak membuahkan hasil. Umpan silangnya masih dengan mudah diatasi Gerard Pique dkk. Sampai peluit panjan dibunyikan, skor 3-0 bagi keunggulan Barcelona atas Juventus tak berubah.

Susunan Pemain

Barcelona: Ter Stegen; Semedo, Pique, Umtiti, Alba; Rakitic (Paulinho 77'), Busquets, Iniesta (Gomes 83'); Dembele (Sergi Roberto 71'), Suarez, Messi

Juventus: Buffon; De Sciglio (Sturaro 41'), Barzagli, Benatia, Alex Sandro; Bentancur (Bernadeschi 63'), Pjanic, Matuidi; Douglas Costa, Higuain (Caligara 87'), Dybala

Komentar

 
x